LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF TAHAP I BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7

 PEMERINTAH KOTA SURAKARTA

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 4 SURAKARTA

                                                        Jalan D.I. Panjaitan 14 Surakarta

 

 


ASESMEN SUMATIF 
 TAHAP  I BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : VII (Tujuh)

Hari, Tanggal

Waktu :  



PETUNJUK UMUM

  1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal!

  2. Bacalah setiap soal sebelum mengerjakan!

  3. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!

  4. Periksalah Kembali pekerjaan sebelum diserahkan kepada pengawas!


SELAMAT MENGERJAKAN



PETUNJUK KHUSUS 

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memilih salah satu pilihan jawaban A, B, C, atau D!


  1. Wah, banyak sekali latar yang dapat dipilih untuk berswafoto!

Arti dari swafoto adalah ….

  1. foto dengan banyak orang

  2. foto menggunakan kamera

  3. foto dengan bantuan orang lain

  4. foto dengan cara potret diri sendiri dengan menggunakan ponsel


  1. Model baju yang dikenakan kakak beradik itu sangat kontras. Kakaknya terlihat anggun dengan menggunakan kebaya, sedangkan adiknya menggunakan baju kaos dan celana santai dengan sobekan di lutut pada acara resmi.

Makna kata kontras adalah ....

  1. perbedaan tanpa membandingkan dengan lainnya

  2. perbedaan yang nyata jika dibandingkan

  3. sesuatu yang tampak berbeda

  4. sesuatu yang dibandingkan


Cermatilah teks rumpang berikut dengan saksama! 

Perpustakaan madrasah ada di lantai dua gedung madrasah. Di sini terdapat 10 rak buku yang di tiap raknya bisa berisi hingga 100 buah buku. Koleksi bukunya memang masih sedikit […] bervariasi. Warna hijau toska mendominasi ruang perpustakaan […] memberi kesan nyaman bagi pembaca. Terdapat 20 meja […] 10 kursi di dalam perpustakaan. Selain itu, ada satu ruangan khusus di ruang perpustakaan yang merupakan ruangan para pengurus perpustakan. 

Disadur dari: https://dosenbahasa.com/contoh-paragraf-deskripsi-spasial-tentang-sekolah, 3 Contoh Paragraf Deskripsi Spasial tentang Sekolah.


  1. Konjungsi intrakalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….

  1. dan, agar, atau 

  2. meskipun, agar, dan 

  3. namun, sehingga, dan

  4. tetapi, sehingga, dan


  1. Penggunaan tanda koma dalam kalimat ini yang tepat adalah ...

  1. Ia membeli kopi, kain,dan, tas sebagi oleh-oleh untuk para sahabatnya.

  2. Ia membeli kopi, kain dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.

  3. Ia membeli kopi, kain, dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.

  4. Ia membeli, kopi, kain dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.


  1. Selamat malam kakak-kakak selamat datang _____ desa denge.

Penulisan kalimat di atas yang tepat adalah….

  1. Selamat malam kakak-kakak, Selamat datang di desa denge.

  2. Selamat malam Kakak-kakak, selamat datang di Desa Denge.

  3. Selamat malam Kakak-kakak, selamat datang, di Desa Denge.

  4. Selamat Malam Kakak-Kakak, selamat datang di Desa Denge.


Perhatikan pamflet berikut!

Gambar 1. Perhatikan pamflet berikut ini/tangkapan layar buku Bahasa Indonesia kelas 7 Kurikulum Merdeka.


Gambar 1. Perhatikan pamflet berikut ini/tangkapan layar buku Bahasa Indonesia kelas 7 Kurikulum Merdeka.


  1. Informasi pada pamflet menjelaskan mengenai .…

  1. daya tarik wisata Gunung Papandayan

  2. cara menaklukkan Gunung Papandayan

  3. bagaimana cara mencapai Gunung Papandayan

  4. biaya masuk tempat wisata Gunung Papandayan


Bacalah penggalan teks deskripsi berikut!

Ibuku bernama Wulan. Wajahnya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring.  Ibuku memiliki kulit berwarna sawo matang, khas wanita Jawa. Tinggi badan ibuku tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya tampak hitam bergelombang.


  1. Objek yang digambarkan dalam penggalan teks deskripsi di atas adalah ….

  1. aku

  2. bulan

  3. semut

  4. Wulan


  1. Pengertian teks deskripsi adalah…

  1. Paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara samar dan terperinci.

  2. Paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.

  3. Paragraf yang berisi penggambaran suatu subjek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara samar dan terperinci.

  4. Paragraf yang berisi penggambaran suatu subjek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.


  1. Gaya bahasa berbentuk perumpamaan atau kiasan yang bertujuan untuk memperindah suatu kalimat disebut...

  1. majas

  2. idiom

  3. akronim

  4. peribahasa


  1. Majas personifikasi adalah jenis majas .... 

  1. yang berisi kata-kata mutiara yang digunakan untum menyindir

  2. yang berisi kata-kata pedas untuk menyakiti hati melalui ungkapan berupa sindiran

  3. yang membandingkan benda mati dengan sifat menyerupai manusia yang masih hidup

  4. yang membandingkan dua objek yang berbeda tetapi dua objek tersebut memiliki kemiripan


  1. Burung-burung menyanyi menghibur  hati. 

Majas yang digunakan dalam kalimat di atas adalah ….

  1. metafora

  2. paradoks

  3. sarkasme

  4. personifikasi


Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

  1. Kamar ini selalu menemani kesepianku.

  2. Di puncak ini tidak terasa sengatan sang raja siang.

  3. Mata para pengujung terpaku seperti dihipnotis oleh seorang pesulap.

  4. Daun kelapa melambai-lambai menambah indah pemandangan Pantai Parangtritis.


  1. Kalimat di atas yang menggunakan majas personifikasi adalah ….

  1. I dan II

  2. I dan III

  3. I dan IV

  4. II dan III


  1. Susunan kalimat yang benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yang padu adalah .…

  1. Ada pula yang berulat.

  2. Keadaannya begitu kurus.

  3. Pohon-pohonan itu meranggas.

  4. Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yang mati.

  5. Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.

  6. Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.


  1. 3-1-2-4-5-6

  2. 3-2-1-4-6-5

  3. 6-5-4-3-1-2

  4. 6-5-1-3-2-4


  1. Berikut ini yang bukan termasuk jenis puisi rakyat adalah ....

  1. pantun, gurindam, mantra

  2. mantra, doa, gurindam

  3. mantra, jimat, pantun

  4. pantun, doa, mantra


Perhatikan ciri-ciri pantun berikut!

  1. satu bait terdiri atas empat baris

  2. setiap bait terdiri atas dua baris

  3. setiap baris terdiri dari 8-14 suku kata

  4. setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

  5. baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan sampiran

  6. berima a-b-a-b

  7. berima a-a-b-b

  1. Ciri-ciri pantun yang benar ialah  ....

  1. 1-3-5-7

  2. 1-4-5-6

  3. 2-4-5-7

  4. 2-4-5-6


  1. Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing, sehingga sang kucing harus mencari akal untuk menangkap mereka.

Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan diri dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olah telah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati para tikus mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus ke sana ke mari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka melompat ke luar dari sarang seraya menari-nari untuk merayakan kebebasan mereka.

Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan tali pegangan pada tali, dan sebelum tikus-tikus itu tersadar sang kucing telah menangkap tiga ekor tikus.


Bagian yang menceritakan kecerdasan tokoh kucing pada kutipan cerita tersebut adalah …

  1. Tokoh kucing mengendus-endus ingin memangsa tikus yang berkeliaran mencari makan.

  2. Kucing dengan lincah dapat dapat menerkam tikus-tikus yang suka berkeliaran mencari tikus-tikus.

  3. Kucing selalu siap siaga dengan cakarnya menerkam tikus-tikus yang berkeliaran mencari makan.

  4. Kucing menggantungkan dirinya dengan satu kaki pada tali, dengan kepala ke bawah seolah-olah dia telah mati


  1. Apa yang dimaksud dengan majas sarkasme . . . . .

  1. Jenis majas yang membandingkan benda mati dengan sifat menyerupai manusia

  2. Majas yang berisi kata-kata mutiara yang digunakan untum menyindir

  3. Majas yang membandingkan dua objek yang berbeda tetapi dua objek tersebut memiliki kemiripan

  4. Jenis majas yang berisi kata-kata pedas untuk menyakiti hati melalui ungkapan berupa sindiran


  1. “Dasar bodoh! Kau selalu membuat kekacauan!” Kata Yari. 

Kalimat yang diambil dari teks cerita fantasi tersebut menggunakan jenis majas…

  1. Simile/Perumpamaan

  2. Hiperbola

  3. Sarkasme

  4. Personifikasi

ASESMEN SUMATIF 
 TAHAP  I
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  1. Kalimat langsung adalah  ...

  1. Kalimat kutipan perkataan seseorang secara langsung.

  2. Kalimat yang menyatakan kembali ucapan seseorang.

  3. Kalimat yang menyatakan pendapat seseorang.

  4. Kalimat yang di tulis dalam teks.


  1. Kalimat tidak langsung adalah  ...

  1. Kalimat yang di tulis dalam teks.

  2. Kalimat yang menyatakan pendapat seseorang.

  3. Kalimat kutipan perkataan seseorang secara langsung.

  4. Kalimat yang menyatakan kembali ucapan seseorang.

  5. Kalimat yang di tulis dalam teks.


  1. Yang bukan termasuk ciri-ciri kalimat langsung adalah  ...

  1. Bagian kutipan adalah kalimat berita

  2. Menggunakan tanda kutip (“…”) dalam bahasa tulis

  3. Intonasi bagian yang dikutip lebih tinggi daripada bagian lainnya

  4. Bagian kutipan dapat berupa kalimat berita, kalimat perintah, dan kalimat berita


  1. Apa yang dimaksud dengan kalimat berita . . . . .

  1. Kalimat yang memaparkan atau melaporkan sebuah peristiwa atau kejadian

  2. Kalimat yang menyatakan kembali ucapan seseorang

  3. Kalimat yang berupa kutipan perkataan seseorang

  4. Kalimat yang berisi paparan pendapat orang lain


  1. “Kapan kamu akan membereskan kamarmu?’ kata ibu kepada Doni.

Jika kalimat tersebut diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi . . . . .

  1. Ibu bertanya kepada Doni, kapan dia akan membereskan kamarnya.

  2. Doni diminta ibu untuk membereskan kamarnya.

  3. Ibu meminta Doni untuk membersihkan kamar.

  4. Doni akan membersihkan kamarnya.


  1. “Dimana letak topi merahku ya?”, Tanya Indri kepada kakaknya.

Jika kalimat tersebut diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi  ...

  1. Indri mencari topinya.

  2. Kakak bertanya kepada Indri dimana ia menaruh topinya.

  3. Indri bertanya kepada kakaknya dimana letak topi merahnya.

  4. Indri bertanya kepada kakaknya dimana ia meletakkan topi merahnya.


  1. Ayah berkata kepada adik, ”Antarkan bingkisan ini ke rumah paman yaa!”

Apabila kalimat langsung diatas diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka menjadi  ...

  1. Ayah menyuruh adik untuk mengantarkan bingkisan ke rumah paman

  2. Adik dan ayah mengantarkan bingkisan ke rumah paman

  3. Ayah memberi paman sebuah bingkisan

  4. Adik mengantarkan bingkisan


ASESMEN SUMATIF 
 TAHAP  I BAHASA IDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

B. BENAR SALAH (B/S)


  1. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera adalah ciri teks deskripsi. (Benar/Salah)

  2. Majas yang melekatkan sifat-sifat insani (manusiawi) pada suatu benda mati sehingga seolah-olah memiliki sifat seperti benda hidup adalah pengertian majas sarkasme. (Benar/Salah)

  3. Salah satu ciri isi teks deskripsi adalah bersifat personal yang mewakili kandungan emosi penulis. (Benar/Salah)

  4. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Kalimat tersebut mengunakan majas perbandingan. (Benar/Salah)

  5. Memprakarsai, memerluas, memesona kata-kata tersebut sesuai dengan kaidah atau aturan Bahasa Indonesia yang benar. (Benar/Salah)

  6. Tidak masuk akal adalah salah satu ciri Teks Fantasi. (Benar/Salah)

  7. “Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.  

Kutipan di atas merupakan struktur cerita fantasi yang berupa orientasi (Benar/Salah)

  1. Berisi hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak. Pernyataan di tersebut adalah ciri isi dari struktur cerita fantasi yang berupa resolusi (Benar/Salah)

  2. Langkah pertama dalam merencanakan cerita fantasi adalah membuat rangkaian peristiwa (Benar/Salah)

  3. Ungkapan keterkejutan dalam cerita fantasi berfungsi untuk menggerakan cerita. (Benar/Salah)



C. MENJODOHKAN

Jodohkanlah !

No.

Soal

Pihan jawaban


Bacalah ilustrasi berikut!

Aku berbentuk persegi panjang. Tubuhku pipih. Aku terdiri dari berbagai warna, ada merah, hijau, biru, atau ungu. Keberada- anku sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aku dapat di- simpan di kotak, di meja, di bank, bahkan di kantong baju atau celana. 


Berdasarkan ilustrasi tersebut apakah aku?

A.

merona


Teks yang menggambarkan suatu objek atau keadaan tertentu secara rinci merupakan ... teks deskripsi. 

B

ekspresif 


Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore.

Kalimat di atas menyatakan seakan-akan kita dapat ....

C.

nasihat


Kelas VII H sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan. Mereka  kompa k  me mbersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.


Kalimat perincian pada teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat ….

D

pengertian


Pipinya merah ... karena sedang bahagia

Kata pelengkap yang tepat untuk me-lengkapi kalimat tersebut adalah .... 

E.

uang


Cerita imajinasi/cerita fantasi yang mengisahkan kisah dengan dua latar waktu yang berbeda disebut dengan ....

F.

memandang


Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat Sultan Iskandar Muda untuk [...] Putri Pahang. Di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan. 

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....

G

dirasakan


Sejauh mata melihat, senja terbentang begitu indah.

Sinonim pada kata melihat pada kutipan tersebut yang paling tepat adalah... 

H

latar lintas waktu


Putih-putih bunga melati,

Merah-merah bunga mawar, 

Wahai siswa yang terpuji,

Melangkah dan teruslah belajar,

Pantun di atas merupakan jenis pantun ....


I

mengenang


Kalimat yang mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan disebut …. 


J

pertama



K

kedua



C. Jawablah pertanyaan berikt dengan jawaban yang tepat!

  1. Buatlah paragraf deskripsi singkat tentang Covid-19!

  2. Buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi berikut!

a.  sehingga

b.  Oleh karena itu


  1. Lengkapi pantun jenaka di bawah ini!

Jalan-jalan ke kota bandung

Jangan lupa mengisi saku

…………………………

…………………………

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 44 dan 45!

Semangka Emas

Pada zaman dahulu kala di Sambas Kalimantan Barat tinggallah seorang saudagar. Ia mempunyai dua orang putra yang bernama Muzakir dan Dermawan. Muzakir sangat loba dan kikir sebaliknya Dermawan adalah orang yang sangat peduli dan selalu bersedekah kepada fakir miskin. Dermawan tidak rakus dengan harta dan uang. Sebelum meninggal saudagar tersebut membagi hartanya secara rata. Uang bagian Muzakir disimpan di peti bila ada orang-orang miskin datang ia tidak mau memberi sedekah tetapi justru menghina orang miskin tersebut. Berbeda dengan Dermawan yang selalu menyambut orang-orang miskin tersebut dengan senang hati dan ramah. Lama kelamaan harta Dermawan habis untuk menyedekahi orang-orang miskin tersebut yang hampir setiap hari datang ke rumah Dermawan.

Suatu hari Dermawan menolong seekor burung yang sayapnya patah. Dermawan merawat burung pipit tersebut hingga burung itu dapat terbang kembali. Beberapa hari kemudian burung tersebut kembali dan memberi sebutir biji kepada Dermawan walaupun biji tersebut hanya kecil Dermawan tetap menanamnya. Pada waktu panen tiba Dermawan memetik buah semangka yang sudah tumbuh besar tersebut kemudian ia membelahnya. Saat ia membelah semangka besar tersebut tak disangka semangka tersebut berisi pasir kuning yang tak lain adalah emas murni. Dermawan pun mengucapkan terima kasih kepada burung pipit itu. Kini Dermawan hidup dengan berkecukupan ia memiliki rumah yang besar dan hartanya melimpah tetapi ia tetap memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan. Harta Dermawan kini tidak akan habis karena uangnya amat banyak dan hasil kebunnya melimpah. 

Mendengar bahwa Dermawan kini kaya raya, Muzakir meniru tindakan Dermawan. Muzakir menolong burung yang sengaja ia patahkan sayapnya dengan sumpit. Ia juga merawat burung tersebut hingga burung tersebut dapat kembali terbang. Burung itu juga memberi biji kepada Muzakir. Ketika sudah dipanen Muzakir membelah semangka yang jauh lebih besar dibanding semangka milik Dermawan. Bukan emas yang ia dapatkan namun semburan lumpur hitam bercampur kotoran yang baunya busuk.

Sumber Dari: http://www.gudangnews.info

  1. Setelah membaca cerita di atas, telaah unsur cerita tersebut dengan mengidentifikasi tema, tokoh dan penokohan, latar, dan amanat!

           

  1. Tulis kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri, buat dalam 12 - 15 kalimat!

Tag : Bank Soal
0 Komentar untuk "LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF TAHAP I BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7"

Back To Top