Merajuk Sejarah dan Potret Budaya Pasar Tri Windu Surakarta


Pic.1 

Pasar Tri Windu merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Solo,  akan tetapi beda dengan pasar yang biasa,  Pasar Tri Windu menjajakan barang antik sebagai komoditi  dagangnya. Pasar ini beralamatkan di Jl. Diponegoro,  Keprabon,  Kec. Banjarsari,  Surakarta. 

Pic.2 Koin Kuno
Pasar Tri Windu dulunya bernama windu jenar juga merupakan salah satu pasar wisata budaya yang berdiri sejak tahun 1939. Digagas dalam acara meramaikan kenaikan tahta Adipati Sri Mangkunegaran 24, dalam istilah jawa Tri mempunyai arti 3 dan Windu berarti 8 tahun dan sebagai pemiliknya adalah pura mangkunegaran, dahulunya pasar ini hanya pasar kecil dilengkapi peralatan meja sederhana dengan penjaja kue tradisional,  pakaian,  majalah koran dan sebagainya,  seiring bergantinya waktu pasar ini berganti nama menjadi Tri Windu dan memperjualbelikan barang barang antik dan kuno. Tanpa terasa pasar Tri Windu ini telah berdiri kurang lebih 7 dasawarsa.

Dimasa sekarang pasar Tri Windu mrnjadi pasar yang sesalu di kunjungi oleh kolektor kolektor barang antik, mulai dari perkakas rumah tangga seperti setrika arang,  alat makan dari kuningan, piring piring gerabah, dekorasi  lampu gantung bahkan sampai dengan koin ataupun uang kertas jaman dulu. Oleh sebab itu marilah kita jaga peninggalan sejarah yang ada di lingkungan sekitar kita.  
Pic.3 Ukir Ayam

Pic.4 Patung Kayu Miniatur Abdi

Pic.5 Topeng Kayu Ukir

Pic.6 Keramik

Pic.7 Pernak-pernik Logam 


Pic.8 Miniatur Motif dari Kuningan 
Pic.9 Ornamen Kuno

Pic.10 Gelang dan Teko Kuno dari
Kuningan Murni

Pic.11 Lonceng

Pic.12 Topeng Kayu
Pic.13 Sendok Garpu











Picture By : Imam Khouruddin


Tag : study
2 Komentar untuk "Merajuk Sejarah dan Potret Budaya Pasar Tri Windu Surakarta"

Back To Top