Potret Lika Liku Pendidik dan Terdidik di Era Modern


Click My Video


Guru merupakan salah satu sosok manusia yang ditugaskan untuk mendidik, membiasakan, mengajarkan, membimbing, melatih, mengarahkan, dan mengevaluasi. Guru mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, semakin maju peradaban manusia semankin berat pula tugas yang diembannya.

Kita lihat permasalahan yang terjadi, karakter manusia sangat labil dengan pengaruh dari lingkungan, media dan asimilasi budaya yang masuk. Mudahnya sekarang dalam mengakses jendela informasi tingkat dunia, tayangan media televisi yang kurang bahkan tidak ada unsur pendidikannya semakin marak, sinetron yang menggambarkan kehidupan yang tidak logis menjadi tontonan sehari-hari. Dengan informasi yang diterima masyarakat secara tidak langsung akan meniru dan terpengaruh dengan hal-hal tersebut

Guru, yang terlihat dimasyarakat adalah harus dapat mencerdaskan, membiasakan dengan karakter yang baik dan pula menjadi contoh yang baik bagi peserta didik dan lingkungan, tapi fakta yang terjadi, seorang peserta didik 9 jam disekolah dengan pembiasaan dan pembelajaran dari Guru, 15 jam peserta didik berada pada lingkungannya. Dengan karakter orang tua yang berbeda-beda, ada yang bertanggung jawab menjaga putra putrinya dilingkungan paska sekolah, ada orang tua yang pasrah sepenuhnya kepada Guru, ada juga yang acuh bahkan hingga memberikan komplain kepada Guru apabila ada sesuatu yang terjadi dengan putra-putrinya hingga menggunakan kekerasan dan terkadang siswa pula ada yang memberikan penganiayaan atau kekerasan baik verbal maupun fisik terhadap Guru karena tidak terima ditegur yang tidak hanya satu, atau dua kasus terjadi.

-Apakah pendidik itu hanya Guru....? 

Jawaban serta menjadi kesimpulan dalam artikel ini adalah, Membentuk suatu karakter serta kecerdasan pada diri manusia yang tidak hanya pada faktor Guru akan tetapi semua aspek dan lini kehidupan mempunyai peran yang sangat penting, mulai dari keluarga, pola asuh, lingkungan, pendidikan, kebijakan pemangku jabatan, dan lain sebagainya. Maka oleh sebab itu marilah kita bekerja sama dalam menciptakan generasi yang berkarakter dan mampu bersaing di kancah Internasional.

Tag : study
0 Komentar untuk "Potret Lika Liku Pendidik dan Terdidik di Era Modern"

Back To Top