KI - KD Materi K-13 Kelas VIII Pengamalan Shalat Sunnah


Shalat Sunnah adalah sholat yang dituntunkan untuk dikerjakan tetapi belum mencapai derajat wajib. Shalat sunnah merupakan aktifitas yang apabila dilakukan akan menjdapatkan fadhilah dan keutamaannya, akan tetapi apabila di tinggalkan tidak mendapat dosa.

Banyak shalat yang disunnahkan untuk dikerjakan, ada yang dilaksanakan dengan Jamaah maupun Munfarid.

A. Shalat Sunnah Munfarid

Munfarid dapat disebut juga dengan shalat individu. Adapun shalat munfarid adalah

1. Shalat Rawattib

Rawattib berasal dari kata "Ratibah" yang diartikan sebagai menyertai, tetap atau terus menerus. Shalat rawattib ini merupakan shalat yang menyertai atau mengiringi shalat "Fardhu". Shalat Rawattib terbagi menjadi dua, yaitu "Shalat Rawattib Mu'akkadah dan "Shalat Rawattib ghairu mu'akkadah" yang pelaksanaannya terbagi menjadi "Qabliyah" dan "Ba'diyah".

a. Shalat Rawattib Mu'akkadah merupakan shalat yang sangat dianjurkan diantaranya
1] Dua rakaat sebelum Dhuhur
2] Dua rakaat sesudah Dhuhur
3] Dua rakaat sesudah Magrib
4] Dua rakaat sesudah Isya'
5] Dua rakaat sebelum Subuh

b. Shalat Rawattib ghairu mu'akkadah merupakan shalat yang menyertai dan cukup dianjurkan diantaranya
1] Dua rakaat sebelum Dhuhur Selain mu'akkadah
2] Dua rakaat sesudah Dhuhur Selain mu'akkadah
3] Empat rakaat sebelu Azhar
4] Dua rakaat sebelum Subuh

2. Shalat Tahiyyatul Masjid
Shalat tahiyatul masjid merupakan salah satu sholat sunnah yang dilaksanakan sebagai salah satu adab untuk menghormati masjid. Shalat Tahiyyatul masjid dilaksanakan sebanyak dua rakaat.

3. Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan salah satu shalat dengan keutamaan yang sangat mulia. Shalat Dhuha dilaksanakan pada saat dhuha dimana waktu matahari mulai naik hingga mendekati dhuhur. Dua rakaat shalat dhuha mempunyai keutamaan sebegaimana kita memberikan sedekah kepada setiap sendi dalam tubuh kita.

4. Shalat Istiqarah

Shalat istiqarah dapat diartikan pula sebagai shalat memohon petunjuk apabila kita mempunyai masalah dalam menentukan sesuatu dan hanya Allah lah Dzat yang dapat memberikan petunjuk.

5. Shalat Fajar

Shalat Fajar mempunyai kemuliaan sebagaimana mendapatkan dunia dan seisinya. Kemurahan Allah lah yang bisa memberikan suatu balasan dengan sesuatu yang mustahil, akan tetapi itulah keutamaan dari shalat fajar dua rakaat yang di kerjakan sebelum subuh.
dst.

B. Shalat Sunnah Berjamaah

Shalat selain munfarid ada juga yang dapat dikerjakan secara berjamaah diantaranya adalah shalat idul fitri, idul adha, tarawih dst.

1. Shalat Idul Fitri, merupakan shalat yang dikerjakan sebagai shalat untuk memperingati hari raya Islam tanggal 1 Syawal. Dikerjakan sebanyak dua rakaat pada saat terbit matahari.

2. Shalat Idul Adha, merupakan shalat yang dikerjakan sebagai shalat hari raya qurban pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Wukuf di Arafah bagi yang beribadah Haji.

3. Shalat Tarawih, Shalat tarawih ini pelaksanaannya adalah ba'da isya' tang bisa dikerjakan pada saat bulan Ramadhan. Shalat Tarawih sama pelaksanaannya dengan shalat tahajud, hanya berbeda waktunya saja, bila tahajud dilaksanakan dengan 11 rakaat di sepertiga malam yang terakhir, untuk tarawih dikerjakan pada saat ba'da isya' dibulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat.

Tag : study
0 Komentar untuk "KI - KD Materi K-13 Kelas VIII Pengamalan Shalat Sunnah"

Back To Top