KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
SMP NEGERI 4 KOTA SURAKARTA
BEREKAYASA DAN BERTEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN NKRI
“SATE KADAL”
“Rekayasa Teknologi Kreatifitas Wadah Sampah Elektrik”
Pendahuluan
Rekayasa teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk merancang, membangun, dan memelihara produk atau sistem yang berguna bagi manusia. Tujuan daripada rekaya tersebut adalah menerapkan teknologi tepat guna. teknologi tepat guna sendiri merupakan teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, hal keberlanjutan, serta ekonomi.
Dengan melihat beberapa aspek tersebut seperti aspek sosial, eskonomi dan keberlanjutan kami berupaya untuk membuat teknologi tepat guna yang ramah lingkungan & bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Semangat ini kami wujudkan dengan membuat kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengambil topik “Rekayasa Teknologi dalam Pembuatan Perangkat Elektronik Otomatis Penunjang Adiwiyata"
Berkenaan dengan tema rekaya teknologi dengan basis wawasan Adiwiyata, SMP Negeri 4 Surakarta akan membuat produk berupa tempat sampah otomatis. Teknologi yang digunakan untuk membuat tempat sampah otomatis ini ada beberapa macam seperti sensor deteksi gerak, rangkaian kabel dan Arduino dll. Secara sederhana cara kerja tempat sampah ini dapat dibuka dengan mendekatkan bagian tubuh kita ke sesnsor gerak maka tutup tempat sampah akan terbuka secara otomatis.
Penggunaan tempat sampah yang akan dipakai merupakan penggunaan barang bekas yang sudah tidak terpakai hal ini selaras dengan salah satu prinsip 3R dalam penggelolaan sampah yakni Reuse atau menggunakan kembali barang barang bekas menjadi barang tepat guna dan bermanfaat. Lebih lanjut penggunaan tempat sampah otomatis ini juga sebagai penunjang kegiatan Adiwiyata untuk pemilahan sampah didalam kelas.
Harapan kami dalam kegiatan ini semoga semua siswa yang sudah terlibat dapat :
Memahami proses pembuatan tempat sampah otomastis hingga akhir secara teknis dan.
Mengasah ranah kreatif & gotong royong sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila.
Tujuan
Tujuan utama proyek ini adalah menciptakan perangkat penunjang Adiwiyata SMP Negeri 4 Kota Surakarta yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga fungsional, interaktif, dan bermanfaat bagi pengguna dalam berbagai aspek kehidupan
Alur Kegiatan
IV JADWAL KEGIATANJadwal kegiatan dalam bentuk perhari maupun secara harian, untuk mempermudah pembacaan dapat anda download pada menu di bawah
V Lembar Kerja HarianLembar kerja secara harian untuk memberikan penilaian kepada siswa dapat anda download pada menu di bawah
VI Lembar Refleksi Harian
Lembar refleksi secara harian untuk memberikan penilaian kepada siswa dapat anda download pada menu di bawah
VII Materi P5Dalam kegiatan P5 ini kami lampirkan materi yang menunjang untuk bapak Ibu Guru dapat anda download pada menu di bawah
VIII Ice BreakingIce breaking untuk mencairkan suasana agar siswa tidak terlalu bosan dalam mengikuti kegiatan dapat anda download pada menu di bawah
IX Flayer
X Video PembelajaranUntuk menunjang pengenalan teknologi secara luas kami lampirkan video pembelajaran yang dapat anda download pada menu di bawah
XII Suku Cadang dan Peralatan Untuk mempermudah siswa dalam melengkapi kebutuhan suku cadang kami list beserta gambar peralatan yang akan di buat yang dapat anda download pada menu di bawah
XIII Aplikasi Pemrograman
Pemrograman Arduino untuk memberikan perintah kepada sistem, siswa membutuhkan software yang harus teristal pada laptop masing masing masing, maka software tersebut kami lampirkan dan dapat anda download pada menu di bawah
Contoh Produk
Contoh Rangkaian
Ketentuan Hp Maupun Laptop
Dalam proses berjalannya kegiatan P5 denga tema Rekayasa Teknologi Hp dan Lapton di perkenankan untuk di bawa dengan ketentuan :
1. Di perguaka dengan sebaik mungkin tanpa mementingkan kepentingan pribadi
2. Setelah terbentuknya kelompok, maka masing masing kelompok terbatas hanya terbatas 2 anak yang di perbolehkan membawa Hp
3. Tidak diperkenankan membuka situs yang berbau pornografi, game, maupun konten yang idak menunjang pembelajaran
4. Apabila melanggar peraturan maka diperkenankan untuk Hp di simpan di ruang guru dalam batas waktu yang tidak di tentukan.
5. Barang bawaan merupakan tanggung jawab pribadi masing masing
Dokumentasi Kegiatan
Kegiatan Rekayasa Teknologi dalam Pembuatan Perangkat Elektronik otomatis penunjang Adiwiyata akan dilakukan dengan proses dokumentasi dalam bentuk visual serta deskriptif untuk menunjang penilaian.
Maka dengan ini penilaian dalam bentuk dokumentasi baik secara mandiri maupun kelompok dapat di bentuk menjadi :
Visual (Kelompok)
Secara visual pendokumentasian ini dilakukan dengan pengambilan video secara berkala dalam setiap kegiatan kelompok secara mendetail selama proses dilaksanakan.
Deskriptif Scrapbook (Mandiri)
Siswa membuat laporan secara tertulis dengan menggunakan scrapbook atau buku yang lainnya yang dapat di percantik sedemikian rupa untuk membuat laporan kegiatan secara tertulis dengan detail selama proses berlangsung lengkap dengan evaluasi keanggotaan masing masing.
Modul Lengkap
Untuk mempermudah kegiatan P5 yang berlangsung kami lampirkan modul dan kelengkapan secara penuh, maka dapat di download pada laman di bawah ini.
1 Komentar untuk "KEGIATAN P5 BEREKAYASA DAN BERTEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN NKRI"
Sangat menarik dan bermanfaat, tdk sabar untuk segera melaksanakan kegiatan tersebut