download Modul Ajar PAI Kelas 7 Fase D Kurikulum Merdeka 2023-2024





Hai Sobat pendidik . Kali ini kami bahas tentang modul ajar PAI kelas 7 kurikulum merdeka yang masuk fase D dalam struktur kurikulum merdeka belajar. 

Sobat pendidik juga bisa download contoh Modul ajarnya di bawah.

Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, setiap sekolah khususnya sekolah penggerak sudah mulai menggunakan kurikulum merdeka belajar.

untuk implementasi kurikulum merdeka belajar (IKM), para pendidik tentunya sudah mulai disibukkan dengan penyusunan perangkat ajar salah satunya modul ajar.

Modul ajar sebenarnya sama saja dengan RPP yang digunakan pada kurikulum 2013.

Tapi karena masih baru dan ada sedikit perbedaan dengan RPP, pembuatan Modul ajar bagi beberapa rekan pendidik masih menjadi pekerjaan yang sulit.

Modul ajar PAI Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak modul ajar pai kelas 7 smp kurikulum merdeka, Salah satu mata pelajaran Intrakurikuler yang diajarkan di tingkat sekolah menengah pertama atau SMP pada kurikulum merdeka belajar ini adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau biasa disingkat PAI.

Bagi Sobat pendidik yang mengajar mata pelajaran PAI, khususnya di kelas 7 (VII) SMP yang mana pada kurikulum merdeka belajar ini masuk fase D, di bawah ini bisa Sobat pendidik download modul ajar PAI kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan semester 2 semua bab termasuk bab 6 sampai bab terakhir.


Materi Pelajaran PAI Pendidikan Agama Islam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Selanjutnya mengenai bahan ajar atau materi pelajaran yang diajarkan pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) kelas 7 SMP, untuk semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap) adalah sebagai berikut:

Materi PAI Kelas 7 Semester I

Materi PAI Kelas 7 Semester 2


Modul Ajar PAI Kelas 7 Fase D Kurikulum Merdeka

Untuk lebih jelasnya mengenai materi pelajaran mapel PAI kelas 7, Sobat pendidik bisa lihat pada file contoh Modul ajar yang bisa didownload di bawah ini. Secara umum kerangka Modul ajar pada kurikulum merdeka terdiri dari beberapa komponen berikut ini:

Informasi Umum

Identitas penulis modul

Kompetensi awal

Profil Pelajar Pancasila

Sarana dan prasarana

Target peserta didik

Model pembelajaran yang digunakan


Komponen Inti

Tujuan pembelajaran

Asesmen

Pemahaman bermakna

Pertanyaan pemantik

Kegiatan pembelajaran

Refleksi peserta didik dan pendidik


Lampiran

Lembar kerja peserta didik

Pengayaan dan remedial

Bahan bacaan pendidik dan peserta didik

Glosarium

Daftar pustaka

Dari format Modul ajar (MA) di atas, untuk membuat Modul ajar sendiri, sebenarnya Sobat pendidik tinggal mengisi tiap komponen,dan menyesuaikannya dengan kebutuhan peserta didik serta kondisi lingkungan sekolah atau satuan pendidikan.

Untuk memudahkan Sobat pendidik dalam menyusun modul ajar atau RPP kurikulum merdeka, Sobat pendidik bisa download modul ajar PAI kelas 7 SMP kurikulum merdeka ini sebagai bahan rujukan atau referensi.

Nah dari contoh Modul ajar kelas 7 kurikulum merdeka mata pelajaran PAI semester 1 dan 2 di atas, nantinya Sobat pendidik bisa melakukan pengeditan atau penyesuaian berdasarkan kebutuhan peserta didik.


FAQ Modul ajar PAI Kelas 7 Kurikulum Merdeka


Berikut beberapa pertanyaan seputar modul ajar kurikulum merdeka khususnya mapel PAI yang sering ditanyakan:

Apa saja 5 aspek yang terkandung dalam pendidikan agama islam?

Aspek Pendidikan Ketuhanan

Aspek Pendidikan Akal dan Ilmu Pengetahuan

Aspek Pendidikan Fisik

Aspek Pendidikan Kejiwaan

Aspek Pendidikan Keindahan


Ruang lingkup PAI apa saja?

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam adalah untuk mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara: (1) hubungan manusia dengan Allah SWT; (2) hubungan manusia dengan dirinya sendiri; (3) hubungan manusia dengan sesama manusia; (4) dan hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungan alamnya.

Apa tujuan pembelajaran PAI di SMP?

Pendidikan Agama Islam di SMP bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam.


Tag : study
0 Komentar untuk "download Modul Ajar PAI Kelas 7 Fase D Kurikulum Merdeka 2023-2024"

Back To Top