KONEKSI ANTAR MATERI – Modul 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 Berdasarkan model Refleksi 4P, saya mencoba menuliskan Koneksi Antar Materi modul 1.2 sesuai dengan pemahaman yang saya pelajari di modul 1.1 dan modul 1.2 ini.

1. PERISTIWA

Pada saat mulai mempelajari modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara, saya mulai meng-ingat kembali sewaktu SD. Pada saat saya SD sering menuliskan kalimat ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI pada kertas karton sebagai tugas kerajinan tangan yang diberikan oleh guru.

Pada modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara saya tertarik dengan definisi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara bahwa Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Setiap anak memiliki kodrat alam dan kodrat zamanya masing-masing sehingga seorang guru harus paham akan hal itu. 

2. PERASAAN



Setelah mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak saya mendapatkan pemahaman yang luar biasa terkait dengan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, terutama pembelajaran yang berpihak pada murid. Selama ini pemahaman saya, guru adalah sebagai sentral dalam hal pembelajaran murid baik di kelas maupun di luar kelas. Tetapi setelah mempelajari modul ini saya menyadari bahwa peran guru sesungguhnya adalah “menuntun” murid-murid untuk dapat menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga murid-murid mampu menemukan bakat minat yang di miliki.

3. PEMBELAJARAN

Sebelum mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak saya menganggap bahwa setiap murid memiliki kewajiban yang sama, yaitu mampu menguasai materi pelajaran yang saya sampaikan dan tidak peduli mereka suka atau tidak suka. Dalam pembelajaran dituntut oleh capaian kurikulum sehingga tidak tercipta pembelajaran yang menyenangkan, dan terkesan monoton.

Sekarang saya menyadari bahwa ternyata murid-murid memiliki kodrat alam dan kodrat zaman yang berbeda, sehingga di perlukan peran guru yang reflektif untuk menciptakan suasana belajar yang berpihak pada murid. Tugas saya sebagai guru adalah membimbing sehingga murid-murid dapat menggali potensinya, serta menumbuh kembangkan bakat minat yang dimilikinya.

4. RENCANA KE DEPAN

a. Untuk pengembangan diri, saya akan mengikuti program Up-Skilling maupun Re-Skilling yang di adakan oleh pemerintah 

b. Aktif mengikuti kegiatan MGMP sebagai wadah guru mata pelajaran untuk sharing pengalaman serta meningkatkan kompetensi diri Bersama guru-guru lain.

c. Selalu merefleksikan setiap kegiatan Pembelajaran sehingga mendapat umpan balik tentang pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, baik dari murid maupun dari teman sejawat.

d. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain dalam rangka mengembangkan materi pembelajaran untuk dapat menggali bakat minat yang dimiliki murid.

e. Berkreasi dan berinovasi untuk menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, serta kegiatan-kegiatan sekolah lainnya.

f. Melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, baik di kelas maupun di luar kelas sehingga murid-murid merasa senang dalam belajar

Tag : study
0 Komentar untuk "KONEKSI ANTAR MATERI – Modul 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK"

Back To Top