LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA

 

 LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA

Halo kawan kawan semua siapkan sarana pembelajaran dengan berlatih soal soal di LATIHAN SOAL PPKN KELAS 7 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA selain kami sediankan LATIHAN SOAL PPKN KELAS 7 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA juga tersedia kunci jawabannya.

I. PILIHAN GANDA (Multiple Choice no. 1-25)

 

01.

Keterikatan terhadap tempat kelahiran atau kesamaan menghadapi suatu masalah tertentu dapat mendorong rasa persatuan seluruh rakyat Indonesia. Dalam kurun waktu, bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa terjajah. Pernyataan tersebut merupakan pendorong persatuan bangsa Indonesia pada tahap …

 

a.

Perasaan senasib

c.

Proklamasi kemerdekaan

 

b.

Sumpah pemuda

d.

Kebangkitan nasional

 

02.

Contoh sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 salah satunya adalah nilai Keseimbangan. Dibawah ini manakah yang termasuk ke dalam nilai keseimbangan

 

 

a.

Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain

c.

Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang proporsional

 

b.

Tidak semena-mena terhadap orang lain.

d.

Terciptanya undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

 

03.

Setelah lahirnya organisasi pergerakan nasional Budi Utomo, perjuangan rakyat tidak lagi bersifat kedaerahan, tetapi orientasi perjuangannya adalah untuk kemerdekaan seluruh bangsa tanpa memandang perbedaan suku dan ras serta daerah. Hal ini berbeda dengan sifat perjuangan-perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, kita dapat menafsirkan bahwa Budi Utomo dapat disebut sebagai perintis kebangkitan nasional karena ….

 

a.

Budi Utomo merupakan organisasi yang pertama kali mempelopori perjuangan yang bersifat nasional

c.

Pendiri Budi Utomo diresmikan oleh pejuang-pejuang nasional Indonesia pada tahun 1908

 

b.

Pergerakan nasional dapat mewujudkan cita-cita perjuangan dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda.

d.

Budi Utomo melakukan perjuangan secara nasional karena dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya dari Belanda

 

04.

Perhatikan faktor-faktor berikut

(1)   Adanya kerja sama antara pedagang Tionghoa dengan pribumi

(2)   Tumbuhnya kesadaran atas semua bangsa

(3)   Terbentuknya dewan rakyat (Volksraad).

(4)   Adanya sifat kerakyatan dan dasar agama Islam

(5)   Meningkatnya kemampuan pedagang Islam untuk bersaing dengan pedagang Tionghoa

Faktor-faktor yang mendorong pesatnya perkembangan Serikat Islam ditunjukkan oleh nomor ….

 

a.

(1), (2), dan (3)

c.

(2), (3), dan (4)

 

b.

(1), (3), dan (5)

d.

(2), (4), dan (5)

 

05.

Penderitaan rakyat Indonesia akibat proyek tanam paksa yang diterapkan Belanda ternyata berhasil mengisi kembali kas Kerajaan Belanda yang terkuras akibat peperangan. Akibatnya, muncul kritikan dan tuntutan agar pemerintah Belanda membalas budi rakyat Indonesia. Hasilnya adalah politik balas budi yang disebut program trias van deventer, yaitu ….

 

a.

Pendidikan, transmigrasi, dan kesehatan

c.

Pendidikan, Tansmigrasi, dan Irigasi

 

b.

Pendidikan, emigrasi, dan irigasi

d.

Pendidikan, Transmigrasi, dan pembangunan

 

 


06.

Perhatikan pernyataan di bawah ini

1) Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan pertama di dunia.

2) Semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda mendorong bangsa Indonesia menjadi salah satu

    negara pertama yang lepas dari penjajahan.

3) Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa,

    agama, kesenian.

4) Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menyatukan bangsa Indonesia sehingga sekalipun terdapat berbagai

    keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan.

5) Memiliki tata krama atau keramahan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain sehingga sangat menarik bangsa-

    bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia.

Bangsa Indonesia mempunyai berbagai keunggulan. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia, ditunjukkan pada nomor …

 

a.

(1), (2), dan (3)

c.

(1), (3), dan (4)

 

b.

(1), (3), dan (5)

d.

(2), (4), dan (5)

 

07.

Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!

1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.

2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.

3. Menjaga kelestarian alam.

4. Membuang sampah pada tempatnya.

Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….

 

a.

1, 2, dan 3

c.

2, 3, dan 4

 

b.

1, 3, dan 4

d.

1, 2, dan 4

 

08.

Ia (meninggal pada tahun 1849) adalah pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari  KarangasemBali. Ia merupakan patih Kerajaan Buleleng. Ia berperan dalam Perang Bali I, Perang Jagaraga, dan Perang Bali III yang terjadi di Bali pada tahun 1849. Ia gugur ketika peperangan berakhir, yaitu pada tahun 1849. Ia menjadi pemimpin dalam perlawanan terhadap invasi Belanda ke Bali, perlawanan tersebut terjadi beberapa kali di Bali utara selama tahun 1846, 1848, dan 1849. Ucapannya yang terkenal ketika itu ialah "apapun tidak akan terjadi. Selama aku hidup, aku tidak akan mengakui kekuasaan Belanda di negeri ini".

Nama Tokoh tersebut adalah …..

  

a.

I Gusti Ketut Jelantik

c.

I Gusti Ketut Pudja

 

b.

I Gusti Ngurah Rai

d.

I Gusti Ngurah Made Agung

 

09.

Sumpah Pemuda dan perjuangan pemuda merebut kemerdekaan menunjukkan bahwa para pemuda tak mementingkan daerah atau golongannya masing-masing. Pemuda hanya memikirkan bagaimana bangsa Indonesia dapat bersatu padu untuk mengusir penjajah dan mencapai kemerdekaan. Ini adalah salah satu penjelasan dari nilai-nilai luhur yang terdapat di dalam Sumpah Pemuda, khususnya pada nilai….

 

a.

Cinta Bangsa dan Tanah Air

c.

Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan

 

b.

Persatuan

d.

Mengutamakan Kepentingan Bangsa

 

10.

Permasalahan akhir-akhir ini banyak ditimbulkan karena pemikiran secara perorangan maupun kelompok yang menganggap paling baik/benar dan memaksakan kehendaknya untuk diikuti orang atau kelompok lain. Hal ini menunjukkan semakin lunturnya semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Untuk mewujudkan kembali semangat persatuan sebagai kekuatan nasional dan mencegah menjalarnya anggapan paling baik dan benar terhadap diri dan kelompok tertentu, berikut yang bukan gagasan dan pemikiran yang dapat diterapkan adalah ……

 

a.

Menindak tegas terhadap tindakan dan kegiatan intoleransi

c.

Memaksimalkan upaya menangani berita hoax yang mengadu domba

 

b.

Tidak memberikan ijin berdirinya ormas atau partai politik baru

d.

Mulai mencegah produksi multifungsional HP yang berpotensi penyalahgunaan

 

11.

Para pemuda dengan semangat tanpa pamrih memperjuangkan kebangkitan dan kejayaan Indonesia sejak Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, bahkan di era menjelang Reformasi sampai saat ini. Setelah Indonesia merdeka, dalam rangka untuk mempertahankannya, disayangkan para pemuda masih melakukan kegiatan yang menyimpang dari nilai persatuan dan kesatuan. Contoh kemunduran jiwa dan semangat kebangsaan pada diri pemuda saat ini yang tidak sesuai dengan nilai Kebangkitan nasional, antara lain…..

 

a.

Masih maraknya kekerasan dikalangan pemuda

c.

Adanya kecenderungan sikap jujur yang membudaya

 

b.

Sikap kasih sayang pada sesama manusia

d.

Berkembangnya rasa hormat pada orang tua dan pemimpin

 

12.

Seluruh bangsa Indonesia termasuk pemuda memiliki tanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Pada era globalisasi saat ini, tantangan pemuda dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan sangat besar. Generasi penerus harus banyak belajar dari generasi terdahulu. Mereka dapat mempersatukan bangsa Indonesia melalui organisasi kepemudaan. Berkat perjuangan yang mereka lakukan, persatuan dan kesatuan bangsa semakin kokoh. Peran pemuda terhadap semangat perjuangan dalam kemerdekaan Republik Indonesia adalah ……

 

a.

Mengesahkan dasar negara Indonesia

c.

Memerdekakan Indonesia dari penjajah

 

b.

Membuat hukum dasar negara

d.

Mengikrarkan sumpah pemuda

 

13.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 di bawah pimpinan Sugondo Joyopuspito, para pemuda, pelajar, dan mahasiswa dengan semangat tinggi melaksanakan kongres pemuda yang ke-2. Melalui kongres tersebut, mereka berhasil mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang menjadi sejarah bangsa Indonesia sebagai zaman penegas. Pada saat kongres tersebut, juga dikumandangkan untuk pertama kalinya lagu “Indonesia Raya” yang merupakan ciptaan W.R. Supratman, yang kemudian ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Negara Indonesia. Sikap pelajar saat ini dalam rangka meneladani nilai dan semangat Sumpah Pemuda seperti pernyataan tersebut adalah ….

 

a.

Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan hikmat

c.

Mampu menghafal syair lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya”

 

b.

Menyanyikan lagu dengan hikmat karena diawasi oleh guru

d.

Mengenang W.R. Supratman sebagai pencipta lagu “Indonesia Raya”.

 

14.

Seorang pelajar yang merupakan pemuda generasi penerus bangsa, berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, antara lain dengan giat belajar, taat aturan, toleran dalam pergaulan, serta menjunjung tinggi norma-norma kehidupan. Berdasarkan pernyataan tersebut, implementasi nilai dan semangat sumpah pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika adalah …..

 

a.

Menghafalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, meskipun jarang dilaksanakan

c.

Membantu teman yang kesusahan dengan memandang suku bangsa dan agamanya  terlebih dahulu

 

b.

Memberikan bantuan kepada tetangga yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

d.

Mengerjakan tugas dari sekolah jika akan menghadapi ulangan semesteran saja dan diperintah oleh guru

 

 

 

15.

Para pemuda dengan semangat yang tinggi dan tanpa pamrih berjuang dalam mencapai kemerdekaan, berhasil mengikrarkan sumpah pemuda pada kongreas pemuda ke-2 tanggal 28 Oktober 1928. Nilai semangat Sumpah Pemuda dapat kita praktekkan dalam kehidupan sekarang melalui kegiatan ….

 

a.

kebut-kebutan sepeda motor di jalan raya

c.

Merencanakan kegiatan pemindahan ibukota negara

 

b.

Berkomunikasi dengan Bahasa gaul

d.

Ikut serta dalam kegiatan bela negara

 

16.

Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka. Pemudalah yang akan menjadi tonggak perubahan suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, para pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi …….

 

a.

daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

c.

semangat untuk bersatu

 

b.

daya dorong untuk melakukan yang baik

d.

kekuatan dalam mengisi masa mudanya

 

17.

Kita sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban untuk melestarikannya. Pelestarian rasa kebangsaan Indonesia merupakan salah satu usaha untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai bangsa, kita tetap harus optimis, karena masih banyak potensi bangsa ini yang dapat dikembangkan demi

tetap terpeliharanya rasa kebangsaan dan dapat dijadikan pijakan untuk usaha-usaha memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan Indonesia itu sendiri.

Uraian di atas adalah makna dari isi penting Sumpah Pemuda, yaitu ….

 

a.

berbahasa Satu

c.

bertumpah darah satu

 

b.

berbangsa Satu

d.

bertanah air satu

 

18.

Pada masa perjuangan dalam mengisi kemerdekaan, kemungkinan nilai-nilai semangat juang akan bertambah. Secara kualitatif, kemungkinan akan terjadi perubahan-perubahan yang sesuai dinamika dan kreatifitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semangat dan komitmen bangsa Indonesia pada masa perjuangan mengisi kemerdekaan diwujudkan dalam bentuk …..

 

a.

Semangat untuk berkorban demi tanah air, bangsa, dan negara dalam meraih kemerdekaan

c.

Jiwa yang semangat dan nilai-nilai kejuangan untuk mencapai tujuan nasional

 

b.

Timbulnya jiwa, semangat, dan nilai perjuangan melalui organisasi kepemudaan

d.

Adanya kerukunan hidup umat beragama dalam kehidupan kerajaan

 

19.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

(1)   Percaya adanya masa depan bangsa yang gemilang

(2)   Mendukung kebersamaan dengan golongannya saja

(3)   Neniliki idealism dan semangat kejuangan yang tinggi

(4)   Ulet dan tabah dalam menghadapi segala gangguan dari dalam dan luar

(5)   Memiliki harga diri yang lebih tinggi dari bangsa lain dalam pergaulan internasional

Berdasarkan pernyataan tersebut, semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara ditunjukkan oleh nomor ….

 

a.

(1), (2), dan (3)

c.

(2). (3), dan (5)

 

b.

(1), (3), dan (4)

d.

(3), (4), dan (5)

 

20.

Gambar tersebut menunjukkan perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dari pendiri negara yang perlu dipertahankan dan dikembangkan, khususnya pada masa ……

 

a.

Proklamasi dan upaya mempertahankan kemerdekaan

c.

Saat berlangsungnya pergerakan nasional

 

b.

Perjuangan dalam rangka mengisi kemerdekaan

d.

Sebelum pergerakan nasional

 

21.

Sebagai seorang pelajar, Nadine memiliki cita-cita menjadi seorang TNI AU. Alasannya adalah supaya dapat melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara Indonesia. Bila dikaitkan dengan UUD NRI Tahun 1945, perilaku tersebut mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan yang sesuai dengan pasal ….

 

a.

28A

c.

27 ayat (2)

 

b.

28B

d.

27 ayat (3)

 

22.

Masyarakat Indonesia seluruhnya adalah satu. Perkehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan kemajuan bangsa. Pernyataan ini merupakan perwujudan dari kesatuan negara Republik Indonesia sebagai satu kesatuan ….

 

a.

politik

c.

Sosial dan budaya

 

b.

ekonomi

d.

Pertahanan dan keamanan

 

23.

Sebagai seorang siswa yang bertanggungjawab terhadap masa depannya, Tigor rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara. Apa yang dilakukan oleh Tigor merupakan perwujudan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan ……

 

a.

Cinta tanah air

c.

Rela Berkorban

 

b.

Membina persatuan dan kesatuan

d.

Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI

 

24.

Perjuangan masa ini tidak terbatas waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang tercantum dalam UUD 1945. Dalam periode ini, jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan yang berkembang sebelumnya tetap lestari, yaitu nilai-nilai dasar yang terdapat pada Pancasila, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Penjelasan diatas adalah merupakan Periodisasi pada masa ….

 

a.

Sebelum pergerakan nasional

c.

Proklamasi dan perang kemerdekaan

 

b.

Pergerakan nasional

d.

Perjuangan mengisi kemerdekaan

 

25.

Perhatikan pernyataan berikut :

(1)   Percaya dan takwa kepada Tuhan yang maha Esa

(2)   Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk kepentingan golongan

(3)   Mendukung dan aktif agar tercapai cita-cita bangsa, yaitu adil dan Makmur

(4)   Ulet dan tabah menghadapi segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan

(5)   Memiliki harga diri yang lebih tinggi dari bangsa lain dalam pergaulan internasional

Berdasarkan pernyataan tersebut, semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara dapat kita temukan pada nomor….

 

a.

(1), (2), dan (3)

c.

(2), (3), dan (5)

 

b.

(1), (3), dan (4)

d.

(2), (4), dan (5)

 

 

II. BENAR DAN SALAH ( True and False no 26-35 )

 

Berilah tanda centang (V) pada kolom B untuk menyatakan benar dan tanda (V) pada kolom S untuk menyatakan salah, pada pernyataan kalimat nomor 21 sampai dengan 30 !

 

NO.

PERNYATAAN

B

S

26.

Arti penting kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia saat ini adalah bahwa kebangkitan nasional membangkitkan rasa persatuan, nasionalisme, dan patriotisme seluruh bangsa Indonesia di tengah tantangan globalisasi

 

 

27.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pengertian ”Persatuan  Indonesia” adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia.

 

 

28.

Kebangkitan nasional adalah sesi pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa. Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908. Ciri dari kebangkitan nasional adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai perjuangan untuk kepentingan daerah.

 

 

29.

Butir Sumpah pemuda yang dinyatakan para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 berhubungan erat dengan pasal 34 UUD NRI Tahun 1945.

 

 

30.

Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut, diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po

 

 

31.

Pemuda yang melakukan perubahan adalah pemuda yang memiliki karakter

berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif.

 

 

32.

Simbol-simbol negara menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2008 tentang

Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan

 

 

33.

Baris kedua dari sumpah pemuda berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.”

 

 

34.

Periode IV : Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan tidak terbatas waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang tercantum dalam UUD 1945.

 

 

35.

Pemahaman Indonesia sebagai Satu Kesatuan Wilayah adalah bahwa Kekayaan wilayah Nusantara baik itu yang berupa potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. Keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.

 

 

 

 

III. MENJODOHKAN (Matching no. 31-40)

      Carilah pasangan kata-kata/frasa antara kolom A dan kolom B dengan menulis jawabannya (BUKAN HURUFNYA)

                                                            Kolom A                                                                                                        Kolom B

 

 

36.

Sesi pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang

mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908. Ciri dari dari sesi pergerakan ini adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai untuk kepentingan nasional bukan hanya kepentingan daerah.

 

a.

Mengutamakan kepentingan bangsa

37.

Perasaan Senasib, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda

dan Proklamasi Kemerdekaan

b.

Tanam Paksa

38.

Bangsa Indonesia makin menderita ketika Daendels (1808–1811) berkuasa. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita. Penderitaan berlanjut karena Belanda kemudian menerapkan Cultuurstelsel

c.

Satu kesatuan politik

39.

Organisasi kepemudaan yang tidak berlatar belakang suku dan ke daerah-an serta paling gencar mengumandangkan

Persatuan bangsa Indonesia di Belanda.

d.

Deklarasi Djuanda

40.

Sumpah Pemuda dan perjuangan pemuda merebut kemerdekaan menunjukkan bahwa para pemuda tak mementingkan daerah atau golongannya masing-masing.

Pemuda hanya memikirkan bagaimana bangsa Indonesia dapat bersatu padu untuk mengusir penjajah dan mencapai kemerdekaan.

e.

Kebangkitan Nasional

41.

Kegiatan positif pelajar saat sekolah disamping giat belajar juga mengikuti kegiatan yang mampu memupuk rasa cinta tanah air dan patriot bangsa seperti aktif di organisasi sekolah.

 

f.

Tahap Pembinaan Persatuan bangsa Indonesia

42.

Sejak dahulu, Nusantara dimiliki oleh kerajaan yang merdeka dan berdaulat. Kehidupan dalam kerajaan juga diisi oleh kerukunan dan kedamaian antara pemeluk agama, baik Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Kristen, Konghucu dan

Penganut Kepercayaan.

 

g.

Cinta tanah air

43.

Secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa bahwa mereka adalah senasib, sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta satu dalam tekad untuk mencapai cita-cita bangsa. Seluruh kepulauan Nusantara ini  merupakan satu kesatuan hukum.

h.

Masa sebelum pergerakan nasional

44.

Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

i.

Perhimpunan Indonesia

45.

Indonesia menganut konsep negara kepulauan  yang ber ciri Nusantara (archi pelagic state). Konsep itu kemudian diakui dalam Konvensi Hukum Laut PBB 1982 (UNCLOS 1982 = United Nations Convention on the Law of the Sea) yang ditandatangani di Mon tego Bay, Jamaika, tahun 1982.

 

j.

OSIS

 

 

 

 

 

IV. SOAL URAIAN (ESSAY no. 46-50)

      Jawablah setiap soal dibawah ini dengan lengkap dan akurat !

 

46.

Nilai-nilai semangat kebangkitan nasional memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia pada saat ini. Salah satunya membangkitkan rasa persatuan, nasionalime, dan patriotisme seluruh bangsa Indonesia. Sebutkan 3 saja arti penting kebangkitan nasional bagi para pelajar!

47.

Keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Kebanggaan terhadap bangsa dan negara Indonesia lebih jauh dibuktikan dengan karya-karya nyata, baik dalam bentuk mengejar pendidikan dan berpartisipasi dalam pembangunan di masa datang. Sebutkan 3 saja keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia!

48.

Dari sejarah Sumpah Pemuda, dapat kita ambil nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Walaupun Sumpah Pemuda terjadi di zaman dahulu, tetapi ada nilai-nilai luhur yang masih bisa kita terima dan kita amalkan. Sebutkan  nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda!

49.

Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar?

50.

Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib mempunyai rasa cinta terhadap tanah air. Sebutkan 3 saja contoh sikap yang dapat kita lakukan sebagai perwujudan Cinta tanah air dan bangsa!


kunci jawaban dari SOAL DIATAS dapat di akses pada laman LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABNANNYA

Tag : Bank Soal
0 Komentar untuk " LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA"

Back To Top