LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA
Halo kawan kawan semua siapkan sarana pembelajaran dengan berlatih soal soal di LATIHAN SOAL PPKN KELAS 7 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA selain kami sediankan LATIHAN SOAL PPKN KELAS 7 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA juga tersedia kunci jawabannya.
I. PILIHAN GANDA (Multiple Choice no. 1-25)
01. |
Keterikatan
terhadap tempat kelahiran atau kesamaan menghadapi suatu masalah tertentu
dapat mendorong rasa persatuan seluruh rakyat Indonesia. Dalam kurun waktu,
bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa terjajah. Pernyataan tersebut
merupakan pendorong persatuan bangsa Indonesia pada tahap … |
|||
|
a. |
Perasaan senasib |
c. |
Proklamasi kemerdekaan |
|
b. |
Sumpah pemuda |
d. |
Kebangkitan nasional |
02. |
Contoh sikap
positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 salah satunya adalah
nilai Keseimbangan. Dibawah ini manakah yang termasuk ke dalam nilai
keseimbangan |
|
a. |
Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan
kepada orang lain |
c. |
Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara
yang proporsional |
|
b. |
Tidak semena-mena terhadap orang lain. |
d. |
Terciptanya undang-undang untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat |
03. |
Setelah
lahirnya organisasi pergerakan nasional Budi Utomo, perjuangan rakyat tidak
lagi bersifat kedaerahan, tetapi orientasi perjuangannya adalah untuk
kemerdekaan seluruh bangsa tanpa memandang perbedaan suku dan ras serta
daerah. Hal ini berbeda dengan sifat perjuangan-perjuangan
sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Berdasarkan ilustrasi tersebut,
kita dapat menafsirkan bahwa Budi Utomo dapat disebut sebagai perintis
kebangkitan nasional karena …. |
|||
|
a. |
Budi Utomo merupakan organisasi yang pertama kali
mempelopori perjuangan yang bersifat nasional |
c. |
Pendiri Budi Utomo diresmikan oleh pejuang-pejuang nasional Indonesia pada tahun
1908 |
|
b. |
Pergerakan nasional dapat mewujudkan cita-cita perjuangan dalam
melakukan perlawanan terhadap Belanda. |
d. |
Budi Utomo melakukan perjuangan secara nasional
karena dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya dari Belanda |
04. |
Perhatikan faktor-faktor
berikut (1)
Adanya kerja sama antara pedagang
Tionghoa dengan pribumi (2)
Tumbuhnya kesadaran atas semua bangsa (3)
Terbentuknya dewan rakyat (Volksraad). (4)
Adanya sifat kerakyatan dan dasar agama
Islam (5)
Meningkatnya kemampuan pedagang Islam
untuk bersaing dengan pedagang Tionghoa Faktor-faktor
yang mendorong pesatnya perkembangan Serikat Islam ditunjukkan oleh nomor …. |
|||
|
a. |
(1), (2), dan (3) |
c. |
(2), (3), dan (4) |
|
b. |
(1), (3), dan (5) |
d. |
(2), (4), dan (5) |
05. |
Penderitaan rakyat Indonesia akibat proyek tanam
paksa yang diterapkan Belanda ternyata berhasil mengisi kembali kas Kerajaan
Belanda yang terkuras akibat peperangan. Akibatnya, muncul kritikan dan
tuntutan agar pemerintah Belanda membalas budi rakyat Indonesia. Hasilnya
adalah politik balas budi yang disebut program trias van deventer, yaitu …. |
|||
|
a. |
Pendidikan, transmigrasi, dan kesehatan |
c. |
Pendidikan, Tansmigrasi, dan Irigasi |
|
b. |
Pendidikan, emigrasi, dan irigasi |
d. |
Pendidikan, Transmigrasi, dan pembangunan |
06. |
Perhatikan
pernyataan di bawah ini 1) Jumlah dan
potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan pertama di dunia. 2) Semangat
Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda mendorong bangsa Indonesia menjadi
salah satu negara pertama yang lepas dari penjajahan. 3) Memiliki
keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat
istiadat, bahasa, agama, kesenian. 4) Semboyan
Bhinneka Tunggal Ika menyatukan bangsa Indonesia sehingga sekalipun terdapat
berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap
satu pandangan. 5) Memiliki
tata krama atau keramahan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain sehingga sangat
menarik bangsa- bangsa lain di dunia untuk datang ke
Indonesia. Bangsa
Indonesia mempunyai berbagai keunggulan. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki
bangsa Indonesia, ditunjukkan pada nomor … |
|||
|
a. |
(1), (2), dan (3) |
c. |
(1), (3), dan (4) |
|
b. |
(1), (3), dan (5) |
d. |
(2), (4), dan (5) |
07. |
Perhatikanlah pernyataan dibawah ini! 1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya
untuk melestarikannya. 2. Menggunakan produksi luar negeri karena
kualitasnya terjamin. 3. Menjaga kelestarian alam. 4. Membuang sampah pada tempatnya. Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan
rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor…. |
|||
|
a. |
1, 2, dan 3 |
c. |
2, 3, dan 4 |
|
b. |
1, 3, dan 4 |
d. |
1, 2, dan 4 |
08. |
Nama Tokoh tersebut adalah ….. |
|||
|
a. |
I Gusti Ketut Jelantik |
c. |
I Gusti Ketut Pudja |
|
b. |
I Gusti Ngurah Rai |
d. |
I Gusti Ngurah Made Agung |
09. |
Sumpah Pemuda dan perjuangan
pemuda merebut kemerdekaan menunjukkan bahwa para pemuda tak mementingkan
daerah atau golongannya masing-masing. Pemuda hanya memikirkan bagaimana
bangsa Indonesia dapat bersatu padu untuk mengusir penjajah dan mencapai
kemerdekaan. Ini adalah salah satu penjelasan dari nilai-nilai
luhur yang terdapat di dalam Sumpah Pemuda, khususnya pada nilai…. |
|||
|
a. |
Cinta Bangsa dan Tanah Air |
c. |
Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan |
|
b. |
Persatuan |
d. |
Mengutamakan Kepentingan Bangsa |
10. |
Permasalahan akhir-akhir
ini banyak ditimbulkan karena pemikiran secara perorangan maupun kelompok yang
menganggap paling baik/benar dan memaksakan kehendaknya untuk diikuti orang
atau kelompok lain. Hal ini menunjukkan semakin lunturnya semangat yang
terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Untuk mewujudkan kembali semangat
persatuan sebagai kekuatan nasional dan mencegah menjalarnya anggapan paling
baik dan benar terhadap diri dan kelompok tertentu, berikut yang bukan
gagasan dan pemikiran yang dapat diterapkan adalah …… |
|||
|
a. |
Menindak tegas terhadap tindakan dan kegiatan intoleransi |
c. |
Memaksimalkan upaya menangani berita hoax yang
mengadu domba |
|
b. |
Tidak memberikan ijin berdirinya ormas atau partai
politik baru |
d. |
Mulai mencegah produksi multifungsional HP yang
berpotensi penyalahgunaan |
11. |
Para pemuda dengan semangat tanpa pamrih
memperjuangkan kebangkitan dan kejayaan Indonesia sejak Kebangkitan Nasional,
Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, bahkan di era menjelang Reformasi
sampai saat ini. Setelah Indonesia merdeka, dalam rangka untuk
mempertahankannya, disayangkan para pemuda masih melakukan kegiatan yang menyimpang
dari nilai persatuan dan kesatuan. Contoh kemunduran jiwa dan semangat
kebangsaan pada diri pemuda saat ini yang tidak sesuai dengan nilai
Kebangkitan nasional, antara lain….. |
|||
|
a. |
Masih maraknya kekerasan dikalangan pemuda |
c. |
Adanya kecenderungan sikap jujur yang membudaya |
|
b. |
Sikap kasih sayang pada sesama manusia |
d. |
Berkembangnya
rasa hormat pada orang tua dan pemimpin |
12. |
Seluruh bangsa Indonesia termasuk pemuda memiliki
tanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Pada era globalisasi
saat ini, tantangan pemuda dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan sangat
besar. Generasi penerus harus banyak belajar dari generasi terdahulu. Mereka
dapat mempersatukan bangsa Indonesia melalui organisasi kepemudaan. Berkat
perjuangan yang mereka lakukan, persatuan dan kesatuan bangsa semakin kokoh.
Peran pemuda terhadap semangat perjuangan dalam kemerdekaan Republik
Indonesia adalah …… |
|||
|
a. |
Mengesahkan dasar negara Indonesia |
c. |
Memerdekakan Indonesia dari penjajah |
|
b. |
Membuat hukum dasar negara |
d. |
Mengikrarkan sumpah pemuda |
13. |
Pada tanggal 28 Oktober 1928 di
bawah pimpinan Sugondo Joyopuspito, para pemuda, pelajar, dan mahasiswa
dengan semangat tinggi melaksanakan kongres pemuda yang ke-2. Melalui kongres tersebut, mereka
berhasil mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang menjadi sejarah bangsa Indonesia
sebagai zaman penegas. Pada saat kongres tersebut, juga dikumandangkan untuk
pertama kalinya lagu “Indonesia Raya” yang merupakan ciptaan W.R. Supratman,
yang kemudian ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Negara Indonesia. Sikap
pelajar saat ini dalam rangka meneladani nilai dan semangat Sumpah Pemuda
seperti pernyataan tersebut adalah …. |
|||
|
a. |
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
dengan hikmat |
c. |
Mampu menghafal syair lagu kebangsaan ‘Indonesia
Raya” |
|
b. |
Menyanyikan lagu dengan hikmat karena diawasi oleh
guru |
d. |
Mengenang W.R. Supratman sebagai pencipta lagu “Indonesia
Raya”. |
14. |
Seorang pelajar
yang merupakan pemuda generasi penerus bangsa, berkewajiban mengisi
kemerdekaan dengan kegiatan positif, antara lain dengan giat belajar, taat
aturan, toleran dalam pergaulan, serta menjunjung tinggi norma-norma kehidupan. Berdasarkan pernyataan
tersebut, implementasi nilai dan semangat sumpah pemuda dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika adalah ….. |
|||
|
a. |
Menghafalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,
meskipun jarang dilaksanakan |
c. |
Membantu teman yang kesusahan dengan memandang suku
bangsa dan agamanya terlebih dahulu |
|
b. |
Memberikan bantuan kepada tetangga yang membutuhkan
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki |
d. |
Mengerjakan tugas dari sekolah jika akan menghadapi
ulangan semesteran saja dan diperintah oleh guru |
15. |
Para
pemuda dengan semangat yang tinggi dan tanpa pamrih berjuang dalam mencapai
kemerdekaan, berhasil mengikrarkan sumpah pemuda pada kongreas pemuda ke-2
tanggal 28 Oktober 1928. Nilai semangat Sumpah Pemuda dapat kita praktekkan
dalam kehidupan sekarang melalui kegiatan …. |
|||
|
a. |
kebut-kebutan
sepeda motor di jalan raya |
c. |
Merencanakan kegiatan pemindahan ibukota negara |
|
b. |
Berkomunikasi dengan Bahasa gaul |
d. |
Ikut serta dalam kegiatan bela negara |
16. |
Pemuda adalah mereka yang terus melakukan
perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara
dan agama. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi
pembaharu pendahulu mereka. Pemudalah yang akan menjadi tonggak perubahan
suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. Dalam
sejarah perjuangan bangsa Indonesia, para pemuda telah mampu memanfaatkan
fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi ……. |
|||
|
a. |
daya
dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. |
c. |
semangat
untuk bersatu |
|
b. |
daya
dorong untuk melakukan yang baik |
d. |
kekuatan
dalam mengisi masa mudanya |
17. |
Kita sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban
untuk melestarikannya. Pelestarian rasa kebangsaan Indonesia merupakan salah
satu usaha untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai
bangsa, kita tetap harus optimis, karena masih banyak potensi bangsa ini yang
dapat dikembangkan demi tetap terpeliharanya rasa kebangsaan dan dapat
dijadikan pijakan untuk usaha-usaha memelihara dan meningkatkan rasa
kebangsaan Indonesia itu sendiri. Uraian di atas adalah makna dari isi penting Sumpah
Pemuda, yaitu …. |
|||
|
a. |
berbahasa Satu |
c. |
bertumpah darah satu |
|
b. |
berbangsa Satu |
d. |
bertanah air satu |
18. |
Pada masa perjuangan dalam mengisi
kemerdekaan, kemungkinan nilai-nilai semangat juang akan bertambah.
Secara kualitatif, kemungkinan akan terjadi perubahan-perubahan
yang sesuai dinamika dan kreatifitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara. Semangat dan komitmen bangsa Indonesia pada masa perjuangan
mengisi kemerdekaan diwujudkan dalam bentuk ….. |
|||
|
a. |
Semangat untuk berkorban demi tanah air, bangsa,
dan negara dalam meraih kemerdekaan |
c. |
Jiwa yang semangat dan nilai-nilai kejuangan untuk mencapai tujuan
nasional |
|
b. |
Timbulnya jiwa, semangat, dan nilai perjuangan
melalui organisasi kepemudaan |
d. |
Adanya kerukunan hidup umat beragama dalam kehidupan
kerajaan |
19. |
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut : (1) Percaya adanya masa depan bangsa yang
gemilang (2) Mendukung kebersamaan dengan
golongannya saja (3) Neniliki idealism dan semangat
kejuangan yang tinggi (4) Ulet dan tabah dalam menghadapi segala
gangguan dari dalam dan luar (5) Memiliki harga diri yang lebih tinggi
dari bangsa lain dalam pergaulan internasional Berdasarkan pernyataan tersebut,
semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara ditunjukkan oleh nomor …. |
|||
|
a. |
(1), (2), dan (3) |
c. |
(2). (3), dan (5) |
|
b. |
(1), (3), dan (4) |
d. |
(3), (4), dan (5) |
20. |
|
|||
|
a. |
Proklamasi dan upaya mempertahankan kemerdekaan |
c. |
Saat berlangsungnya pergerakan nasional |
|
b. |
Perjuangan dalam rangka mengisi kemerdekaan |
d. |
Sebelum pergerakan nasional |
21. |
Sebagai seorang pelajar, Nadine memiliki cita-cita menjadi seorang TNI AU. Alasannya
adalah supaya dapat melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang
mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara Indonesia. Bila
dikaitkan dengan UUD NRI Tahun 1945, perilaku tersebut mencerminkan semangat
dan komitmen kebangsaan yang sesuai dengan pasal …. |
|||
|
a. |
28A |
c. |
27 ayat (2) |
|
b. |
28B |
d. |
27 ayat (3) |
22. |
Masyarakat Indonesia seluruhnya adalah
satu. Perkehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan terdapatnya
tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan
kehidupan yang sesuai dengan kemajuan bangsa. Pernyataan ini merupakan
perwujudan dari kesatuan negara Republik Indonesia sebagai satu kesatuan …. |
|||
|
a. |
politik |
c. |
Sosial dan budaya |
|
b. |
ekonomi |
d. |
Pertahanan dan keamanan |
23. |
Sebagai
seorang siswa yang bertanggungjawab terhadap masa depannya, Tigor rajin
belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk
diabdikan kepada negara. Apa yang dilakukan oleh Tigor merupakan perwujudan
perilaku semangat dan komitmen kebangsaan …… |
|||
|
a. |
Cinta tanah air |
c. |
Rela Berkorban |
|
b. |
Membina persatuan dan kesatuan |
d. |
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI |
24. |
Perjuangan masa ini tidak terbatas
waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang
tercantum dalam UUD 1945. Dalam periode ini, jiwa, semangat, dan nilai-nilai
kejuangan yang berkembang sebelumnya tetap lestari, yaitu nilai-nilai dasar
yang terdapat pada Pancasila, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Penjelasan diatas adalah merupakan Periodisasi
pada masa …. |
|||
|
a. |
Sebelum pergerakan nasional |
c. |
Proklamasi dan perang kemerdekaan |
|
b. |
Pergerakan nasional |
d. |
Perjuangan mengisi kemerdekaan |
25. |
Perhatikan pernyataan berikut : (1) Percaya dan takwa kepada Tuhan yang
maha Esa (2) Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk
kepentingan golongan (3) Mendukung dan aktif agar tercapai cita-cita
bangsa, yaitu adil dan Makmur (4) Ulet dan tabah menghadapi segala
ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (5) Memiliki harga diri yang lebih tinggi
dari bangsa lain dalam pergaulan internasional Berdasarkan pernyataan tersebut,
semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara dapat kita
temukan pada nomor…. |
|||
|
a. |
(1), (2), dan (3) |
c. |
(2), (3), dan (5) |
|
b. |
(1), (3), dan (4) |
d. |
(2), (4), dan (5) |
II. BENAR
DAN SALAH ( True and False no 26-35 )
Berilah tanda centang (V) pada kolom B untuk
menyatakan benar dan tanda (V) pada kolom S untuk menyatakan salah, pada
pernyataan kalimat nomor 21 sampai dengan 30 !
NO. |
PERNYATAAN |
B |
S |
26. |
Arti penting kebangkitan nasional bagi
bangsa Indonesia saat ini adalah bahwa kebangkitan nasional membangkitkan
rasa persatuan, nasionalisme, dan patriotisme seluruh bangsa Indonesia di
tengah tantangan globalisasi |
|
|
27. |
Pada masa perjuangan kemerdekaan
Indonesia, pengertian ”Persatuan Indonesia”
adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak
perjuangan Indonesia. |
|
|
28. |
Kebangkitan nasional adalah sesi
pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan
potensi sebagai suatu bangsa. Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori dengan
kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908. Ciri dari kebangkitan nasional adalah
perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai perjuangan untuk kepentingan
daerah. |
|
|
29. |
Butir Sumpah pemuda yang dinyatakan
para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 berhubungan erat dengan pasal 34 UUD
NRI Tahun 1945. |
|
|
30. |
Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang
bersejarah tersebut, diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang
pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya
dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin
Po |
|
|
31. |
Pemuda yang melakukan perubahan adalah
pemuda yang memiliki karakter berani, menyukai tantangan, kreatif,
pekerja keras, dan inovatif. |
|
|
32. |
Simbol-simbol negara menurut Undang-Undang
No. 24 Tahun 2008 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara,
serta Lagu Kebangsaan |
|
|
33. |
Baris kedua dari sumpah pemuda berbunyi
“Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah
Indonesia.” |
|
|
34. |
Periode IV : Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan
tidak terbatas waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir
nasional seperti yang tercantum dalam UUD 1945. |
|
|
35. |
Pemahaman Indonesia sebagai Satu Kesatuan
Wilayah adalah bahwa Kekayaan wilayah Nusantara baik itu yang berupa
potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. Keperluan
hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. |
|
|
III. MENJODOHKAN (Matching no. 31-40)
Carilah
pasangan kata-kata/frasa antara kolom A dan kolom B dengan menulis jawabannya
(BUKAN HURUFNYA)
Kolom
A Kolom B
36. |
Sesi pergerakan perjuangan bangsa
Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi
sebagai suatu bangsa dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908.
Ciri dari dari sesi pergerakan ini adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih
diwarnai untuk kepentingan nasional bukan hanya kepentingan daerah. |
|
a. |
Mengutamakan kepentingan bangsa |
37. |
Perasaan
Senasib, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda dan
Proklamasi Kemerdekaan |
b. |
Tanam Paksa |
|
38. |
Bangsa Indonesia makin menderita ketika
Daendels (1808–1811) berkuasa. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan
sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat
rakyat makin menderita. Penderitaan berlanjut karena Belanda kemudian
menerapkan Cultuurstelsel |
c. |
Satu kesatuan politik |
|
39. |
Organisasi kepemudaan yang tidak
berlatar belakang suku dan ke daerah-an serta paling gencar mengumandangkan Persatuan bangsa Indonesia di Belanda. |
d. |
Deklarasi Djuanda |
|
40. |
Sumpah Pemuda dan perjuangan pemuda merebut kemerdekaan menunjukkan bahwa para pemuda tak mementingkan daerah atau golongannya masing-masing. Pemuda hanya memikirkan bagaimana bangsa Indonesia
dapat bersatu padu untuk mengusir
penjajah dan mencapai kemerdekaan. |
e. |
Kebangkitan Nasional |
|
41. |
Kegiatan
positif pelajar saat
sekolah disamping giat belajar juga mengikuti kegiatan yang mampu memupuk
rasa cinta tanah air dan patriot bangsa seperti aktif di
organisasi sekolah. |
f. |
Tahap Pembinaan Persatuan bangsa Indonesia |
|
42. |
Sejak dahulu, Nusantara dimiliki oleh
kerajaan yang merdeka dan berdaulat. Kehidupan dalam kerajaan juga diisi oleh
kerukunan dan kedamaian antara pemeluk agama, baik Hindu, Buddha, Islam,
Katolik, Kristen, Konghucu dan Penganut Kepercayaan. |
g. |
Cinta tanah air |
|
43. |
Secara psikologis, bangsa Indonesia harus
merasa bahwa mereka adalah senasib, sepenanggungan, sebangsa, dan setanah
air, serta satu dalam tekad untuk mencapai cita-cita bangsa. Seluruh
kepulauan Nusantara ini merupakan satu kesatuan hukum. |
h. |
Masa sebelum pergerakan nasional |
|
44. |
Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem
guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. |
i. |
Perhimpunan Indonesia |
|
45. |
Indonesia menganut konsep negara
kepulauan yang ber ciri Nusantara
(archi pelagic state). Konsep itu kemudian diakui dalam Konvensi Hukum Laut PBB
1982 (UNCLOS 1982 = United Nations Convention on the Law of the Sea) yang
ditandatangani di Mon tego Bay, Jamaika, tahun 1982. |
j. |
OSIS |
IV. SOAL URAIAN (ESSAY no. 46-50)
Jawablah setiap soal dibawah ini dengan lengkap dan akurat !
46. |
Nilai-nilai
semangat kebangkitan nasional memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia
pada saat ini. Salah satunya membangkitkan rasa persatuan, nasionalime, dan patriotisme
seluruh bangsa Indonesia. Sebutkan 3 saja arti penting kebangkitan nasional
bagi para pelajar! |
47. |
Keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia membuat
kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Kebanggaan terhadap bangsa dan negara
Indonesia lebih jauh dibuktikan dengan karya-karya nyata, baik dalam bentuk
mengejar pendidikan dan berpartisipasi dalam pembangunan di masa datang.
Sebutkan 3 saja keunggulan-keunggulan
yang dimiliki oleh bangsa Indonesia! |
48. |
Dari sejarah Sumpah Pemuda,
dapat kita ambil nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai
perbedaan dapat disatukan.
Walaupun Sumpah Pemuda terjadi di zaman dahulu, tetapi ada nilai-nilai luhur yang masih bisa kita terima dan kita amalkan.
Sebutkan nilai-nilai luhur yang
terkandung dalam Sumpah Pemuda! |
49. |
Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan
manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan
pembangunan, apa yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar? |
50. |
Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib mempunyai
rasa cinta terhadap tanah air. Sebutkan 3 saja contoh sikap yang dapat kita
lakukan sebagai perwujudan Cinta tanah air dan bangsa! |
0 Komentar untuk " LATIHAN SOAL PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 BESERTA JAWABANNYA"