LAMBANG GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH



   Lambang biasanya digunakan sebagai tanda pengenal orang orang/suatu kelompok. Namun, sebelum lambang gerakan diadopsi, setiap pelayanan medis kemiliteran di Eropa menggunakan tanda pengenal tersendiri.


• Austria : Bendera putih

• Perancis : Bendera merah

• Spanyol : Bendera Kuning


Karena banyaknya tanda pengenal tersebut,

akhirnya malah banyak yang salah dalam mengenalinya.

 

PERJALANAN :

• Lambang palang merah :

Pada tahun 1863 diadakan konferensi Internasional pertama di Jenewa,Swiss. Sebagai bentuk penghormatan, maka sepakat digunakan lambang palang merah diatas dasar putih.

 

• Lambang Bulan Sabit Merah :

Pada tahun 1876 saat Balkan dilanda perang, sejumlah pekerja sosial tertangkap pasukan Ottoman karena lambang yang berbentuk seperti salib. Oleh karena itu, mereka diijinkan menggunakan lambang yang berbeda yaitu, Bulan Sabit Merah.

Kemudian lambang ini diadopsi dalam konferensi Jenewa Tahun 1929.

 

• Lambang Kristal Merah :

Pada tahun 2005, Kristal Merah diatas dasar putih diadopsi menjadi lambang alternatif apabila terjadi konflik senjata/pertikaian di suatu negara.


LAMBANG PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH

 

FUNGSI :

• Tanda Perlindungan (Protective Use)

- Menandakan bahwa seseorang / suatu objek tersebut sebagai hal yang tidak boleh diserang.

- Memberi keterangan bahwa berada di bawah perlindungan aturan aturan kemanusiaan / HPI.

- Harus dalam Dimensi besar. Maksudnya, digunakn pada atap rumah sakit, ambulan/kendaraan medis dan para tenaga medis.

- Biasanya digunakan pada saat terjadi konflik senjata/pertikaian.

- Dapat dibagi dua menjadi : 


1.Identitas (identitas objek, organisasi atau seseorang yang berkaitan dengan kepalangmerahan)


2.Hak milik (Menandakan bahwa objek tersebut milik tenaga/pelayanan kesehatan maupun  palang merah)

 

• Tanda pengenal (Indicative use)

- Menandakan bahwa berkaitan/punya hubungan dengan gerakan Palang merah/bulan sabit merah (tidak perlu dibawah ketentuan perlindungan konvensi Jenewa)

- Harus dalam dimensi yang lebih kecil (seperti jangan dipakai diatap rumah sakit)

- Pembedaan pembedaan fungsi Pengenal :

1.Lambang perlengkapan Pada Bendera, papan alamat, pelat kendaraan dll.

2.Lambang Dekoratif Pada Medali, kancing dll.

3.Lambang Asosiatif Pada pos pos P3K, pinggir jalan dll.

 


• Menurut kalian, apa yang akan terjadi apabila sampai sekarang, masih belum ditetapkan lambang resmi gerakan Palang Merah dan Bulan sabit merah? Silahkan di tulis jawaban di kolom komentar ya..


Selain itu jangan lupa di catat poin2 penting dari materi gerakan di buku PMR😊😊



Tag : study
10 Komentar untuk " LAMBANG GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH"


•} Setelah saya membaca materi, menurut saya yang akan terjadi apabila sampai sekarang masih belum ditetapkan lambang resmi gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah adalah setiap kelompok atau anggota tidak akan saling mengenali antara satu dengan yang lainnya karena kita tidak memiliki tanda pengenal, tidak mengetahui hak tersebut siapa pemiliknya, dan kita tidak akan mendapatkan perlindungan jika ada bahaya yang mengancam atau pun yang lainnya karena tidak memiliki tanda perlindungan.Sedangkan dalam materi jika sudah ditetapkan lambang resmi gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah maka kita harus sudah memiliki
a)Tanda Pengenal, agar kita bisa mengenal satu sama lain
b)Tanda Perlindungan, agar kita bisa terlindungi akan bahaya yang ada karena dengan lambang resmi tersebut dapat menghindarkan dan memberi arahan jika ada bahaya

Menurut saya jika tidak mengetahui lambang yang akan terjadi adalah kita tidak akan bisa mengenal setiap organisasi yang ada di sekitar kita, kita juga tidak akan mengetahui siapa yang memiliki hak tersebut, lambang juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengenalkan diri kita, dan juga lambang bisa memberitahu kita bahwa ada yang berbahaya.

Nabil Wong El Aryasena-8C-22
maka yang akan terjadi adalah setiap daerah dan negara akan membuat lambang kepalang merahan nya masing masing dan tidak membentuk 1 lambang internasional. Yang itu nanti pada akhirnya akan membuat bingung bila ada orang asing ke negara yang bukan negaranya sendiri dan dia kecelakaan/pun sedang mencari lambang pertolongan pertama ia akan kebingungan karena keadaan panik dan lambang nya berbeda dengan yang ada di negara asalnya.
Dan juga bila ada perang maka penjajah dan kaumnya sendiri tidak tau mana yang lambang palang merah karena belum ditetapkan secara internasional.

Revalia Anggun Puspita-8C-25
Lambang palang merah dan bulan sabit merah biasanya untuk simbol pengenal dan pelindung yang biasanya dikaitkan dengan pertolongan pertama jadi jika sampai saat ini lambang tersebut belum ditetapkan secara resmi maka kita semua akan sulit mengetahui dan mengenal simbol yang berkaitan dengan pertolongan pertama apabila terjadi suatu kecelakaan, lambang tersebut juga sebagai pelindung agar tidak diserang oleh pihak yang berperang, jadi jika belum ditetapkan secara resmi maka kita tidak akan memiliki perlindungan jika ada bahaya yang mengancam kita.

Nama : Farah Meyliana A.-Spensa-8D-13

Yang akan terjadi nantinya adalah anggota dan organisasi yang sedang melakukan tugas /objek yang dimiliki pelayanan kesehatan tidak dapat dikenali atau dibedakan. Sehinggaa nantinya akan menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan pada masyarakat/orang lain. Hal ini kemudian akan berdampak serta menghambat pelaksanaan tugas anggota kepalang merahan/pelayanan kesehatan.

YAps betul sekali karena itulah palang merah bisa menjadi sebuah organisasi yang solid dan dapat dipertanggung jawabkan di kancah dunia

Apabila tanpa lambang mungkin juga sebagai organisasi akan di bubarkan

Yappps benar... sebagai Salah satu tujuan dari kesatuan..

Back To Top