Materi Essensial 3 Daring Kelas IX KD-1 Iman Kepada Hari Akhir

Siapapun yang iman kepada hari akhir dan hari pembalasan dari setiap perbuatan pastinya akan menemukan hikmah yang luar biasa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi apakah hikmah tersebut bisa kita rasakan sekarang? Tentu saja tidak semua bisa kita rasakan ketika kita berada di dunia nan fana ini. Balasan yang dapat kita rasakan selama di dunia ini hanya sepersekian persen dari balasan yang akan kita terima di akherat kelak, baik balasan yang baik maupun yang buruk. Ini sebagian kecil yang dapat kita jadikan hikmah dari iman kepada hari akhir :

1 Berkeyakinan kuat bahwa apapun yang kita lakukan di dunia akan mendapat balasan yang setimpal. Allah Maha Adil, sehingga setiap amal kebaikan meski hanya sebiji dzarrah akan dibalas oleh Allah dan amal keburukan meski sebiji dzarrah akan tetap menuai balasannya dengan adil dari Allah.

2 Barang siapa yang iman kepada hari akhir tentunya akan berusaha tidak berbuat sesuatu yang merugikan diri sendiri terutama urusan akhiratnya, Dimana mereka akan terus membiasakan diri untuk berperilaku sesuai tuntunan Allah dan Nabinya

3 Yakin bahwa janji Allah pasti benarnya sehingga orang yang iman pada hari akhir tidak akan puas dengan amalnya dan akan selalu berlomba lomba dalam kebaikan. Selain itu, mereka juga akan tetap optimis dan tawakkal meski ditimpa ujian.

4 Terus beramal untuk kehidupan kekal di akhirat, sehingga orientasi orang yang iman kepada hari akhir bukanlah dunia dan selalu menganggap bahwa apabila kita selalu mengedepankan akherat maka kehidupan dunia sudah pasri di tanggung oleh Allah.

5 Berlapang dada atas setiap ketentuan sehingga tidak ada keluhan. Karena yakin bahwa manusia diciptakan untuk diuji tentang bagaimana cara kita mengusahakan yang terbaik sebagai hamba yang benar-benar ikhlas dengan ketentuannya.

6 Tidak berat memberikan sebagaian harta yang merupakan hak orang lain, dimana iman pada hari akhir akan membuatnya rajin bersedekah.


Setiap manusia pasti mengalami kematian, kejadian tersebut merupakan salah satu kiamat sughra, Kita berawal dari ketiadaan dan akan berakhir dengan ketiadaan pula. Yang kekal hanya Dzat Allah, Dialah Tuhan yang menciptakan dunia dan seisinya. Iman kepada hari akhir akan membuat kita takut akan adzab Allah. Peradilan Allah adalah yang paling adil, sehingga saat itu mulut tidak akan mampu berbohong dan setiap anggota badan akan bersaksi atas apa saja yang pernah diperbuat selama di dunia.


Oleh karena itu, mari kita meningkatkan iman dengan terus berbuat baik kepada siapapun. Kesampingkan kepentingan diri sendiri untuk memperoleh kemaslahatan. Jaga hubungan baik kita kepada Allah dengan selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangannya dan hubungan baik kita kepada manusia dengan terus berbuat baik sesuai kadar kemampuan kita. 


Jangan jadi manusia yang menyombongkan diri karena dilihat dari orientasi kehidupa manusia ini sebenarnya hanyalah butiran debu dunia, kita sebagai manusia ini sangatlah kecil dilihat dengan perbandingan bumi dan seisinya apalagi di hadapan Allah, sangatlah didak ada apa apanya. Wallahu a’lam

Tag : study
147 Komentar untuk "Materi Essensial 3 Daring Kelas IX KD-1 Iman Kepada Hari Akhir"

Fahrizal Raffi Fadhilah/09/9F

Ananda Aurillova Ruthdiawati/03/9D

Aditya Rizky Kurniawan 9F/04 (hadir)

Ericha Putri Anastasya 9H/13 hadir

Fahrizal Raffi Fadhilah 9F/09

Syahreza Putricia Permatasari/28/9D

Anastasya Intan Pratiwi 9E/07

Diazrayya Panji Surya Krisnandharu/9H

DZIKRI RAMADHAN PRATAMA PUTRA 14/9E(hadir)

Dzikri Ramadhan Pratama Putra 14/9E(hadir)

Erick oktavinus iriyansyah/07/9f

Erick oktavinus iriyansyah/07/9f

ARGANTA EKA ARYADITA PUTRA 9E/09 (HADIR)

ARGANTA EKA ARYADITA PUTRA 9E/09 (HADIR)

Shanaya Naysilla Rachmanisa
9D/26

KHAILA AZZAHRA NURENDRADUHITA
9E / 23

KHAILA AZZAHRA NURENDRADUHITA
9E /
23

KHAILA AZZAHRA NURENDRADUHITA
9E /
23

Nama : Kairi Nadira Putri
Kelas : 9E
Absen : 21

Della putri indiarti 12/9E hadir

nama : devina ayudya d.s.p
kelas : IX G
no : 08

Vanessa Andrian Galuh Asmara (29/9H)

Dewi Kurniawati 13/9e (hadir)

Dewi Kurniawati 13/9e (hadir)

gita faiza putri amanda/14/9G

Rizaludin Farras Fauzan / 9F / 28

Arya Mustafa Dwi Mahendra 9D /05

Syahra kusumaningtyas/27 (hadir)

Syahra kusumaningtyas/27 (hadir)

Nama : Deffabian Bintang Rizky Putra
No.Absen : 07
Kelas : IXG

NAMA : DEFFABIAN BINTANG RIZKY PUTRA
NO : 07
KELAS : 9G

Tsaqif Nur Maghribi kelas 9 D No absen 31

Tsaqif Nur Maghribi kelas 9 D No absen 31

Aurellia Puspita Ayu Setyani/9H/07

Back To Top