Materi Daring II Pendidikan Agama Islam Kelas SMP Kelas IX K-13



Runtutan Akhir Zaman


Lanjutan dari materi sebelumua berkaitan dengan hari kiamat,
Apakah setelah terjadi kiamat kehidupan ini selesai?, Apakah yang akan terjadi setelah kiamat?. Setelah terjadinya Kiamat dengan semua makhluk yang bernyawa pasti mati maka akan menuju kepada alam selanjutnya. Setelah kiamat terjadi maka umat manusia akan melewati fase sebagaimana berikut : 

1. Alam Barzakh
Manusia dialam ini akan bertemu dengan malaikat Mungkar dan Nakir yang bertugas menanyai penghuni kubur tentang amalan selama didunia. 

2. Yaumul Ba'ats
Dalam QS. Yasin 51 dijelaskan tentang kebangkitan manusia setelah dari alam kubur, Yaumul ba'ats dapat diartikan sebagai hari kebangkitan. hari kebangkitan adalah dibangkitkannya manusia pertama hingga manusia yang terakhir untuk menuju ketahapan berikutnya dengan di tandai oleh ditiupnya sangkakala yang kedua. Dan pada saat itu manusia hanya dapat berlindung dengan amalannya masing masing, tidak ada yang bisa saling menolong kecuali orang yang diberikan izin oleh Allah.

3. Yaumul Mahsyar
Yaumul mahsyar merupakan hari dikumpulkannya seluruh umat manusia dipadang mahsyar. Tidak ada yang dapat menolong sesama kecuali atas izin Allah. Disinilah manusia menerima catatan amalan selama hidup. Di Yaumul mahsyar yang ada hanya penyesalan dan kegembiraan atas balasan yang akan diterimanya, ada orang yang sangat bercahaya, ada yang tenggelam dalam keringatnya sendiri dan lain sebagainya. Yaumul mahsyar dijelaskan pada QS. az-Zumar 69


Artinya : "Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan" [az-Zumar 69]
Referensi: https://tafsirweb.com/8731-surat-az-zumar-ayat-69.html

4. Yaumul Mizan dan Hisab
Dalam hal ini manusia akan di hitung dan timbang atas amal yang telah dikerjakan di dunia. Penjelasan tentang Yaumul mizan dan hisab ini berdasarkan QS. az-Zalzalah 7-8 dan QS. ali-Imran 30. Hari ini merupakan pengadilan yang paling adil dan tidak ada suatu makhluk pun yang dapat mengingkarinya.

5. Syirat
Sirat merupakan jembatan yang akan digunakan manusia untuk menyebrang menuju ke surga membentang diatas neraka dan ada yang menggambarkan bahwa syirat merupakan jalan yang setipis helai rambut dibagi 7 dengan setajam pedang. Manusia dalam melewati shirat ini memiliki kondisi yang berbeda beda, ada yang merangkak, ada yang secepat kilat dan lain sebagainya, begitu pula untuk kaum munafik, musrik ketika menyebrangi syirat mereka akan langsung terjatuh menuju neraka. Hanya orang beriman lah yang dapat melewati syirat ini.

6. Surga dan Neraka
Balasan Allah telah disediakan di dua tempat yang sangat tidak bisa untuk manusia membayangkannya dimasa sekarang. 
a. Surga
Manusia dengan amal baiknya akan mendapat balasan surga yang luasnya seluas langit dan bumi dengan kenikmatan yang tiada tara sebagaimana firmannya dalam QS. Yasin 55-58

b. Neraka
Manusia yang memasuki neraka menrupakan manusia dengan amal buruk dan dengan dosa yang lebih banyak daripada amal baiknya. balasan Allah di neraka sebagaimana firman Allah QS. al-Ghasiyah 6-7 dan QS. al-Waqi'ah 42-44.

Wallahu a'lamu. 

👇
klik
Tag : study
4 Komentar untuk "Materi Daring II Pendidikan Agama Islam Kelas SMP Kelas IX K-13 "

Back To Top