MANAGEMENT SAMPAH MENJADI LEBIH BERMAKNA

Sampah merupakan salah satu sumbangan manusia yang ditinggalkan untuk alam, baik berupa organik maupun non organik, dari zat yang dapat diurai oleh bakteri hingga zat yang bakteri pun tidak mau menyemtuhnya sama sekali. Oleh sebab itu manusia dengan struktur penciptaan yang sempurna mempunyai tugas untuk menjaga keseimbangan alam dengan memanagemen sampah yang telah diproduksinya.

Dilihat dari definisinya sampah merupakan barang yang tidak dipergunakan lagi baik berasal dari rumah tangga, proses industri, sampah medis dan lain sebagainya.

Perlu kita perhatikan manusia perlu melaksanakan pengelolaan terhadap sampah, dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan menjauhkan dari polusi serta kerusakan lingkungan. Pengelolaan sampah perlu memperhatikan beberapa aspek seperti,:

> Pengumpulan
- Pembuatan tempat penampungan sampah, bisa dalam bentuk tong sampah atau lubang sampah
  - Pembuatan TPS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara)
- Pembuatan TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir)
> Pengangkutan/ Transportasi Sampah
- Mobil
- Gerobak
> Pengolahan
- Dilaksanakan pembuangan pada tanah galian/rendah
- Dikubur pada tanah galian
- Dibakar
- Daur Ulang


[ jenis dan sumber sampah ada sebagai berikut
Sampah organik, merupakan jenis sampah yang bisa secara cepat diuraikan, seperti ; daun, makanan, kayu, hewan mati [bankai] dst.
Sampah Combustibles, merupakan jenis sampah yang mudah terbakar, seperti ; kertas, kapas dst.
Sampah Non-Combustibles, merupakan jenis sampah yang tidak mudah terbakar, seperti ; botol, panci dst.
Limbah berbahaya merupakan sampah yang berasal dari zat kimia, medis, industri dst.
Sampah Bangunan, sampah hasil sisa sisa pembangunan seperti ; puing puing, semen dst.  

[  cara pengolahan sampah dapat dilakukan cara sebagai berikut,
Sampah umum seperti halnya kertas, botol, plastik, kardus. Sampah sampah tersebut dapat diolah dengan proses daur ulang dan secara kreatif dapat olah menjadi barang layak jual. Selain didaur ulang dapat juga ditimbun dalam galian atau dibakar. Sampah umum selanjutnya dapat berupa sampah dapur yang organik, pengolahannya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos atau selain itu di timbun.
Pathological and limbah infectious merupakan sampah yang memungkinkan adanya timbul bahaya infeksi dan penyebaran penyakit apabila tidak diolah atau di proses secara maksimal. Sampah ini biasanya Limbah dari Lab,cairan (ketuban), perban, atau sampah medis. Pengolahan terhadap sampah ini dengan pembakaran dengan suhu tertentu dan kemudian ditimbun
Berbahaya dan tajam, hampir sama dengan jenis sampah Pathological and limbah infectious, sepertihalnya jarum, kaca dan sampah medis lainnya. Pengolahan sampah ini adalah dengan cara dilebur dengan temperatur diatas 1000c

Demikian sedikit tulisan dari kami semoga bermanfaat,,,,,,, ^^

Tag : red cross
0 Komentar untuk "MANAGEMENT SAMPAH MENJADI LEBIH BERMAKNA"

Back To Top