KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1
Kelas 7
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum : Kurikulum Merdeka
Fase / Kelas / Sem :
D / VII / Gasal
Alokasi
Waktu
: Menit
Bentuk Soal : Pilihan Ganda No.1 s.d.
25, B – S No. 26 s.d.
35,
Jodohkan No. 36 s.d.45, Uraian No 46 s.d. 50
NO |
ELEMEN
DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
KONTEN |
1. |
Al-Qur’an Hadis Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi
dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami
pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan
pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga
memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. |
Memahami definisi Al-Qur'an dan Hadis Nabi |
Definisi Al-Qur'an dan Hadis Nabi |
Memahami kedudukan Al-Qur'an dan hadis nabi sebagai
sumber ajaran Islam |
Kedudukan Al-Qur'an dan Hadis
Nabi sebagai sumber ajaran Islam |
||
Memahami kandungan Surah An-Nisa 59 dan An-Nahl 64 |
Memahami kandungan Surah An-Nisa 59 dan An-Nahl 64 |
||
Menerapkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam
Qamariyah |
Menerapkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam
Qamariyah |
||
Menunjukkan perilaku semangat mendalami Al-Qur'an sesuai
dengan Surah An-Nisa ayat 59 dan An-Nahl 64 |
Perilaku Semangat mendalami Al-Qur'an sesuai dengan
Surah An-Nisa ayat 59 dan An-Nahl 64 |
||
2 |
Akidah Peserta didik mendalami enam rukun Iman. |
Memahami Asmaul Husna |
Nama-nama Indah bagi Allah |
Memahami ma’rifatullah melalui Asmaul Husna |
Ma’rifatullah melalui Asmaul Husna |
||
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna
al-Alim, al-Khabir, as-Sami' dan al-Basir |
Perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna al-Alim,
al-Khabir, as-Sami' dan al-Basir |
||
3 |
Fikih Peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam
sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, riba, rukhsah, serta
mengenal beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban. |
memahami makna salat dan zikir |
Makna salat dan Zikir |
Memahami hikmah melaksanakan salat dan zikir |
Hikmah melaksanakan salat dan zikir |
||
Mengamalkan salat lima waktu dan Zikir secara istiqamah |
Mengamalkan salat lima waktu dan Zikir secara istiqamah |
||
Memahami perintah agama untuk sujud syukur, sahwi dan tilawah |
Memahami perintah agama untuk sujud syukur, sahwi dan
tilawah |
||
memahami tatacara
pelaksanaan sujud syukur, sahwi dan tilawah |
Tatacara pelaksanaan sujud syukur, sahwi dan tilawah |
||
Hikmah sujud syukur, sahwi dan tilawah |
Hikmah sujud syukur, sahwi dan tilawah |
||
4 |
Sejarah Peradaban Islam Peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia
dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi
dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke
Indonesia. |
Memahami sejarah berdirinya Bani Umayyah di Damaskus |
Sejarah perkembangan Bani Umayyah di Damaskus |
Memahami kemajuan Peradaban Islam pada masa Bani Umayyah
di Damaskus |
Kemajuan Peradaban Islam pada masa Bani Umayyah di
Damaskus |
||
Memahami nilai Islami dalam sejarah Bani Umayyah di
Damaskus |
Memetik nilai Islami dalam sejarah Bani Umayyah di
Damaskus |
0 Komentar untuk "KISI KISI KELAS 7 PAS SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2022/2023"