Soal soal latihan Ujian Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban

 

PETUNJUK KHUSUS

A.       Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.        Bacalah teks berikut ini!

Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu karang yang eksotis dan indah. Dua bukit batu karang di depan pantai ini berfungsi sebagai pemecah ombak yang berasal dari Pantai Selatan Pulau Jawa. Ombak Pantai Selatan memang terkenal ganas.  Nama pulau karang ini adalah Watu Kalong dan Watu Kuntul.

 

Pernyatan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...

A.  Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu karang yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul.

B.  Pantai Selatan sangat terkenal dengan keindahan dan keeksotisannya karena terdapat dua bukit batu karang.

C.  Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu karang  yang berfungsi sebagai pemecah ombak  Pantai Selatan.

D.  Pulau karang Watu Kalong berfungsi sebagai pemecah ombak yang berasal dari pantai selatan Pulau Jawa.

 

2.        Bacalah teks berikut ini!

Selama berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Anda akan ditemani seorang tour guide. Begitu memasuki area Puro Mangkunegaran, Anda akan melihat hamparan halaman yang luas dan bangunan bergaya Eropa bertuliskan Kavalerie-Artillerie, yang menjadi tempat pasukan berkuda Mangkunegaran. Begitu memasuki pintu gerbang Anda langsung disuguhi arsitektur pendopo bergaya Jawa-Eropa. Pendopo ini biasa digunakan untuk pertunjukkan tari dan wayang yang biasanya diiringi dengan satu set gamelan bernama Kyai Kanyut Mesem. Setelah melewati pendopo, pengunjung akan menuju Pringgitan, tempat keluarga kerajaan tinggal dan Rekso Pustoko, tempat koleksi benda-benda kerajaan seperti koleksi topeng, kereta dan berbagai koleksi lainnya.

 

Tujuan yang akan disampaikan dalm teks tersebut adalah ....

A.  mengajak orang untuk datang ke Pura Mangkunegaran

B.  mempromosikan destinasi wisata Pura Mangkunegaran

C.  menggambarkan keadaan dari area Pura Mangkunegaran

D.  melaporkan hasil pengamatan terhadap objek wisata Pura Mangkunegaran

 Soal soal latihan Ujian Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban

3.        Bacalah paragraf-paragraf berikut ini!

No.

Paragraf

1.

Ikat rambut, biasanya digunakan oleh anak perempuan, baik untuk kuncir maupun untuk bando. Ikat rambut dibuat bukan sekedar untuk mengikat, melainkan juga befungsi untuk hiasan. Oleh karena itu, pembuatannya harus dilakukan secara kreatif. Untuk membuat ikat rambut yang cantik caranya sangat mudah.

2.

Hutan bakau disebut juga hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau, dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang surut. Hutan bakau termasuk wilayah ekosistem pantai karena terletak di perbatasan laut dan darat.

3.

Rendahnya minat baca masyarakat kita sangat memengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca, tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada ahirnya akan berdampak pada ketertinggalan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk dapat mengejar kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu kita kaji apa yang menjadikan mereka lebih maju.

4.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 di atas permukaan laut atau sekitar 6.873 kaki. Tangkuban Perahu menawarkan keindahan 

panorama pegunungan yang berhawa sejuk serta terdapat daya tarik lain berupa 3 kawah yang mengandung kadar belerang tinggi, yaitu kawah upas, kawah ratu, dan kawah domas.

 

Paragraf yang merupakan jenis teks deskripsi ditunjukkan oleh nomor ....

A.  1

B.   2

C.   3

D.  4

 

4.        Bacalah teks  berikut ini!

Salah satu bagian dari rumah adat Minangkabau yang sukses membuat banyak orang terpesona adalah bagian atap rumah yang unik. Konon, atap rumah adat Minangkabau yang diberi sebutan gonjong ini memiliki bentuk yang menyerupai tanduk kerbau. Tanduk kerbau sendiri dijadikan model di atap rumah adat Minangkabau untuk melambangkan kemenangan suku Minang dalam perlombaan adu kerbau di Pulau Jawa. Sebelumnya, atap rumah adat Minangkabau berbentuk runcing dibuat dari ijuk. Namun, saat ini tidak jarang ditemukan rumah adat Minangkabau yang bagian atapnya menggunakan material seng.

 

Objek yang dideskripsikan teks tersebut adalah....

A.    rumah adat Minangkabau

B.     atap rumah Minangkabau

C.     material atap rumah Minangkabau

D.    tanduk kerbau pada rumah Minangkabau

 

5.        Bacalah teks  berikut ini!

Teks 1

Teks 2

Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa terdiri dari macam-macam bentuk dan ragam. Ada yang berbentuk bunga berwarna merah muda dengan bagian tengah menyerupai bintik-bintik benang sari. Ada pula berbagai karang dengan bentuk tumbuhan kaktus bergerigi, corak biru, dan hijau. Keindahan koral-koral ini dilengkapi lagi dengan kehadiran ikan-ikan kecil berwarna oranye yang berenang di atasnya. Ada juga koral berbentuk jamur kuping berwarna cokelat yang sangat mirip dengan jamur sungguhan.

Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.

 

Perbedaan kedua teks deskripsi tersebut  adalah...

 

Teks 1

Teks 2

A.

mendeskripsikan laut

mendeskipsikan tebing

B.

mendeskipsikan objek

mendiskipsikan  tempat /letak

C.

objek penelitian ilmiah

objek wisata

D.

mendiskipsikan tempat/letak

mendeskipsikan objek

 

6.        Bacalah teks  berikut ini!

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

 

Kata “indah” diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu ....

A.      merindukan

B.      mengejutkan

C.      menakjubkan

D.     membahagiakan

 

7.        Bacalah teks berikut ini!

Udara Pantai Senggigi sangat segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis Pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat pantai semakin indah. (4) Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih.

 

Kalimat bermajas dalam teks tersebut ditandai nomor ....

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

8.        Bacalah teks berikut ini!

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

 

Kata ganti pada teks tersebut adalah ....

A.    kita    

B.     tebing

C.     ombak

D.    Parangtritis

9.        Bacalah teks berikut ini!

(1)     Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona.

(2)     Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas.

(3)     Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras.

(4)     Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00.

 

Urutan yang tepat agar menjadi deskripsi yang padu adalah ....

A.    (4) - (2) - (3) - (1) 

B.     (3) - (4) - (1) - (2)

C.     (2) - (3) - (4) - (1)

D.    (1) - (2) - (4) - (3)

10.    Bacalah teks berikut ini!

Tumbuhan ini tersusun dari buah (kelapa), batang, akar dan pelepah. Buah tumbuhan ini     (kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, hingga kulit luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air di tengah buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah kita temukan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

 

Paragraf tersebut merupakan teks deskripsi bagian struktur teks....

A.    kesan                           

B.     simpulan

C.     identifikasi                   

D.    deskripsi bagian

11.    Bacalah teks berikut ini!

Nono, si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro. Ia selalu suka liburan di sana, karena ia bisa bersepeda keliling Wlingi dan bermandi-mandi di Sungai Lekso yang menyegarkan. Tak jarang juga Nono membantu Mbah Mas yang punya warung makan di Stasiun Wlingi.

 

Latar waktu kutipan cerita tersebut adalah ....

A.    liburan

B.     tahun baru

C.     kenaikan kelas

D.    libur akhir semesater

 

12.    Bacalah teks berikut ini!

Ta...ta...tapi...” Cika dan Tamika memprotes kebersamaan karena mereka berdua   membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya. “Cika, Tamika, ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah.” Anika mantap menjawab sambil menarik dengan paksa kedua tangan sahabatnya yang masih ragu.

 

Watak tokoh Anika pada teks cerita di atas adalah ....

A.    rendah hati

B.     keras kepala                                                              

C.     suka menolong

D.    suka memprotes

13.    Bacalah teks berikut ini!

“Kamu juga boleh memakannya, nanti kamu akan tahu khasiatnya!” jawab Wiz. Akhirnya kedua kakak beradik itu memakan buah belimbing dari pohon ajaib itu. “Haa? Aku bisa jadi cantik? Kulitku pun jadi putih dan halus!” sorak sang kakak perempuan buruk rupa takjub dengan perubahan yang baru saja terjadi. “Aku juga sudah sembuh, Kak! Perutku sudah nggak mules lagi,” kata si anak lelaki.

“Wah, terima kasih ya Pak Kurcaci, kami sangat beruntung bertemu kamu hari ini. Terima kasih, terima kasih, terima kasih,” keduanya menyampaikan rasa terima kasihnya berulang-ulang.

 

Amanat cerita tersebut adalah ....

A.  Obatilah orang lain yang sakit!

B.   Berprasangkabaiklah terhadap orang lain!

C.   Buatlah senang diri sendiri dan orang lain!

D.  Tolong-menolonglah dan ucapkan terima kasih!

 

14.    Bacalah teks berikut ini!

Manusia purba itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam. 

“Aku harus membawa dia kembali”, teriakku. Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium dengan kesal. Ardi berteriak lantang “Jangan main-main Don!” Ardi menatapku dengan tajam. “Padahal...” Erza tercekat,” Aku tahu Er, kita tinggal punya waktu 8 jam.”

 

Latar tempat kutipan cerita di atas adalah....

A.  dimensi alpha                                                 

B.   laboratorium   

C.   rumah Erza                                         

D.  meja kerja

 

15.    Bacalah teks berikut ini!

Pada suatu pagi, ketika ia mau berangkat membantu ibunya bekerja, ia melihat ada seorang kakek tua yang kondisinya mengenaskan. Kakek tua tersebut keadaannya sangat lelah letih, terdapat luka di tubuhnya, dan tersungkur di jalan.

Sang kakek minta tolong pada Alice. Alice pun bergegas menolong kakek dan juga mengobati luka yang ada pada tubuh sang kakek. Alice pun bertanya pada sang kakek mengenai keadaan hidupnya. Setelah selesai, ia ingin mengantarkan sang kakek. Namun, sang kakek menolak.

 

        Kutipan cerita tersebut merupakan struktur teks cerita imajinasi bagian ....

A.  koda

B.   resolusi

C.   orientasi

D.  komplikasi

 

16.    Bacalah teks berikut ini!

Suatu ketika sang pemuda sedang mencari kayu bakar di hutan dan ia pun mendengar suara yang aneh dari di balik semak-semak. Ia pun mencoba mendekati dan mengecek apa yang ada di balik semak tersebut, lantas ia menemukan seekor singa yang meraung kesakitan.

Sang pemuda cemas dan melihat keadaan singa tersebut, dan ternyata ada serpihan kayu tajam yang   bersarang di punggung sang raja hutan. Sang pemuda merasa takut, tetapi  ia juga prihatin akan keadaan singa. Karena ia juga iba, akhirnya ia menenangkan singa dengan apa yang ia bisa.

Dengan segenap keberanian ia mendekati dan menenangkan singa dengan ucapannya bahwa ia akan menolong dan tidak memburu. Sang singa pun mulai tenang dan mempersilakan sang pemuda untuk mendekati dan menolongnya. Setelah itu sang pemuda mencabut serpihan tajam pada punggung singa.

 

Kutipan cerita tersebut menggunakan alur ....

A. maju

B. mundur

C. regresif

D. campuran

 

17.    Bacalah teks berikut ini!

(1) Hingga sampailah Candra Jelita di tepi sebuah danau dan di situ kunang-kunang yang meneranginya mulai pergi satu per satu hingga hanya menyisakan kegelapan. (2) Tiba-tiba muncullah cahaya dengan warna keemasan yang turun dari langit. (3) Dari bayangan bulan pada cahaya tersebut muncul sesosok wanita cantik dan anggun yang mengenakan jubah emas. (4) Candra Jelita pun merasa cemas dan juga takut akan kehadiran wanita cantik tersebut. (5) Sang wanita cantik berkata bahwa ia adalah sang dewi yang sangat ingin ditemui oleh Candra Jelita.

 

Kata atau ungkapan keterkejutan pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A.  (1)

B.  (2)

C.  (4)

D.  (5)

 

18.    Bacalah teks berikut ini!

(1) Ella pun mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat sejak pagi. (2) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella akan menuju ke istana untuk pesta. (3) Ella pun mau ikut karena pekerjaannya sudah selesai. (4) Sang ibu tidak mau Ella ikut karena Ella lebih cantik daripada kakak tirinya, lalu menyuruhnya memisahkan kedelai dengan kerikil yang memang sengaja dicampurkannya.

 

Bukti latar suasana tidak damai karena iri ditandai kalimat nomor ....

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

19.    Bacalah teks berikut ini!

(1) Ibu tiri memberikan daftar pekerjaan yang harus Ella selesaikan sejak pagi. (2) Ibu dan kakak tirinya mempersiapkan diri dan gaun untuk menghadiri pesta nanti malam. (3) Ella ingin ikut, tetapi sang ibu malah menyuruhnya memisahkan kedelai dengan kerikil yang memang sengaja dicampurkan oleh ibu tirinya. Cinderella pun menuruti ibu tirinya dan memisahkan kedelai dengan kerikil secara sabar. (4) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella pun menuju ke istana untuk pesta.

 

Bukti latar waktu petang hari pada kutipan cerita tersebut ditandai kalimat nomor ....

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

20.    Bacalah teks berikut ini!

(1) Ella pun mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat sejak pagi. (2) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella akan menuju ke istana untuk pesta. (3) Ella pun mau ikut karena pekerjaannya sudah selesai. (4) Sang ibu tidak mau Ella ikut karena Ella lebih cantik daripada kakak tirinya, lalu menyuruhnya memisahkan kedelai dengan kerikil yang memang sengaja dicampurkannya.

 

Bukti latar tempat di rumah pada kutipan teks tersebut ditandai kalimat nomor ....

A.    (4)

B.     (3)

C.     (2)

D.    (1)

 

B.       Pilihlah jawaban B jika pernyataan dalam soal berikut benar dan S jika pernyataan berikut salah!

No.

Teks

B

S

21.

Bacalah teks berikut ini!

Istana Kadriah merupakan cikal bakal lahirnya Kota Pontianak. Bangunan istana tersebut terbuat dari kayu belian pilihan. Istana Kadriah mempunyai halaman yang luas dan bersih, dengan rumput yang terawat dengan baik. Di objek wisata ini wisatawan dapat melihat tiga belas meriam kuno buatan Perancis dan Portugis di sisi kanan, tengah, dan kiri depan istana. Di halaman istana wisatawan  juga bisa melihat anjungan yang dahulu digunakan oleh Sultan Kadriah untuk menikmati panorama Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

 

Di halaman istana Kadriah terdapat tiga belas meriam kuno buatan Perancis dan Portugis.

 

 

22.

Bacalah teks berikut ini!

SMP Negeri 103 Jakarta memiliki luas satu hektare. Di tengah gedung sekolah tumbuh puluhan pohon yang tingginya mencapai 10 meter. Beragam pohon tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103 Jakarta. Pepohonan tersebut seperti cemara, palem, mangga, dan rambutan. Pemandangan di sekolah ini seperti sekolah di dalam hutan. Sementara itu, di tiap sisi bangunan ditanami berbagai tanaman obat keluarga. 

 

Objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut adalah beragam pohon yang tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103 Jakarta.

 

 

23.

Bacalah teks berikut ini!

Tenun songket Palembang menggunakan bahan baku benang sutra asli. Sebelumnya, benang sutra diberi lapisan benang emas masih berwarna putih. Kain ini ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi. Hasil tenunannya pun sangat indah dan etnik. Kain songket Palembang memiliki ciri khas pada motif, jika dibandingkan dengan kain tadisional lain.

 

Teks tersebut adalah teks deskipsi.

 

 

24.

Bacalah teks berikut ini!

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan struktur teks deskripsi termasuk deskripsi bagian.

 

 

 

25.

Bacalah teks berikut ini!

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

 

Teks di atas menggunakan kalimat bermajas metafora.

 

 

26.

Bacalah teks berikut ini!

Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  saat matahari bersinar mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

 

Latar waktu kutipan cerita tersebut siang hari.

 

 

27.

Bacalah teks berikut ini!

Di sepanjang aliran sungai ada sebuah desa yang berada di tepi sungai, dan di sana ada sebuah keluarga yang anggotanya dua putri dan juga seorang ibu yang sudah janda. Sedangkan sang ayah memang sudah meninggal dunia sejak lama dan ibunya pun sudah sakit-sakitan.

 

Latar suasana kutipan cerita tersebut adalah bahagia.

 

 

28.

Bacalah teks berikut ini!

Suatu hari ketika hari minggu dan sekolah libur, Arin diminta oleh sang ibunda untuk mencari ikan di sungai dan dimasak sebagai lauk makan. Arin pun patuh dan berangkat ke sungai untuk memancing dengan peralatan seadanya. Sesampai di sungai, ia pun memasang pancingnya dan dengan sabar dinantikannya ikan-ikan memangsa umpannya.

 

Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah di rumah.  

 

 

29.

Bacalah teks berikut ini!

Arin selalu membantu ibunya baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan berdagang setiap pulang sekolah. Arin selalu merasa iba dengan ibunya yang harus menjadi tulang punggung keluarga dan harus mengerjakan pekerjaan rumah juga. Berbeda 180 derajat sifat Lia yang sombong dan tidak mau membantu ibunya, jadi setiap pulang sekolah ia hanya akan pergi bermain.

 

Watak tokoh Arin yaitu rajin.

 

 

30.

Bacalah teks berikut ini!

Arin selalu membantu ibunya baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan berdagang setiap pulang sekolah. Arin selalu merasa iba dengan ibunya yang harus menjadi tulang punggung keluarga dan harus mengerjakan pekerjaan rumah juga.Berbeda 180 derajat sifat Lia yang sombong dan tidak mau membantu ibunya, jadi setiap pulang sekolah ia hanya akan pergi bermain. Setelah itu ia pulang untuk makan dan minta uang saja, bahkan baju kotornya yang mencuci malah Arin.

 

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah anak harus membantu orang tuanya.

 

 

 

C.       Jodohkan soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat!

No.

Soal

Jawaban

31.

Bacalah teks berikut ini!

Candi Cetho menjadi salah satu destinasi wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. Traveler seolah-olah akan berada di Pulau Dewata Bali. Setelah kenyang berwisata kuliner di Solo, traveler bisa melipir ke Karanganyar. Kabupaten di Jateng yang berbatasan dengan Jawa Timur itu menawarkan sejuta keindahan alam, juga kultur dan makanan enaknya.

 

Kesan yang ditimbulkan jika kita berwisata ke candi Cetho adalah ....

A.  4

 

 

 

 

B.  2

 

32.

Bacalah teks berikut ini!

Kemegahan yang terlihat dari rumah adat Minangkabau salah satunya disebabkan oleh banyaknya ornamen di bagian dinding bangunannya. Tak jarang ornamen yang berupa ukiran tersebut diwarnai dengan warna-warna yang mencolok sehingga rumah adat Minangkabau tersebut terlihat megah dan semarak.

 

Objek yang dideskripsikan pada teks tersebut adalah ....

C.  seperti di Jawa Timur

 

33.

Bacalah teks berikut ini!

(1) Bagas  sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. (2)  Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku.(3) Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang.(4) Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa.

 

Kalimat yang menggunakan kata khusus ditandai nomor ....   

D.  3

34.

Bacalah teks berikut ini!

(1) Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. (2) Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. (3) Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. (4) Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton.

 

Kalimat bermajas personofikasi ditandai kalimat nomor ....

E.   kemegahan rumah adat Minangkabau

35.

Bacalah teks berikut ini!

(1) Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. (2) Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat menakjubkan. (3) Lukisan alam yang sungguh memesona. (4) Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang sangat indah.

 

Kalimat yang mengandung kata emosi kuat  ditandai nomor....

F.   seperti di Bali

36.

Bacalah teks berikut ini!

Pasukan siluman serigala mulai menginjak Pulau Tana Modo, susul-menyusul bagai air. Tubuh mereka besar-besar dengan sorot mata tajam. Raut wajah mereka penuh dengan angkara murka dan kesombongan, disertai lolongan panjang saling bersahutan di bawah air hujan. Mereka tidak menyadari bahaya yang sudah mengepung. Semua binatang tetap tenang menunggu aba-aba dari Nataga.

 

Latar tempat dalam cerita tersebut adalah ....

G.  orientasi

37.

Bacalah teks berikut ini!

Setetes air mata pun jatuh dari wajah Sang Ratu melihat putri tunggalnya tertidur sekian tahun. Tak sepatah kata pun terdengar dari bibirnya. Kamar yang megah ini terasa sunyi dan penuh kesedihan.

 

Latar suasananya pada cerita imajinasi tersebut adalah  ....     

H.  sedih

38.

Bacalah teks berikut ini!

Dengan segenap keberanian ia mendekati dan menengkan singa dengan ucapannya bahwa ia akan menolong dan tidak memburu. Sang singa pun mulai tenang dan mempersilahkan sang pemuda untuk mendekati dan menolongnya. Setelah itu sang pemuda mencabut serpihan tajam pada punggung singa.

Namun kemudian ia langsung lari terbirit-birit karena takut diserang dan dimangsa oleh singa. 

 

Dilihat dari strukturnya, teks tersebut merupakan teks cerita imajinasi bagian ....

I.     kemudian

39.

Bacalah teks berikut ini!

Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.

 

Dilihat dari strukturnya, teks tersebut merupakan teks cerita imajinasi bagian ....

J.     komplikasi

 

40.

Bacalah teks berikut ini!

Ketika jam berdentang pada tengah malam ia pun terkejut dan baru sadar bahwa ia harus segera pulang. [...]  ia langsung berlari meninggalkan istana dan meninggalkan pangeran begitu saja.

 

Kata penghubung penanda urutan waktu untuk melengkapi tersebut adalah ....

K.  Pulau Tana Modo       


Kunci Jawaban

1.      C

2.      C

3.      D

4.      B

5.      B

6.      C

7.      B

8.      A

9.      A

10.  D

11.  A

12.  C

13.  D

14.  B

15.  C

16.  A

17.  B

18.  D

19.  D

20.  A

21.  S

22.  B

23.  B

24.  S

25.  S

26.  B

27.  S

28.  S

29.  B

30.  B

31.  F. seperti di Bali

32.  E. kemegahan rumah adat Minangkabau

33.  D. 3

34.  A. 4

35.  B. 2

36.  K. Pulau Tana Modo       

37.  H. sedih

38.  J. komplikasi

39.  G. orientasi

40.  I. kemudian


0 Komentar untuk "Soal soal latihan Ujian Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban"

Back To Top