PETUNJUK
KHUSUS
A. Pilihlah salah satu jawaban
yang paling tepat!
1.
Bacalah teks berikut ini!
Pantai
Nglambor memiliki
dua bukit batu karang yang eksotis dan indah. Dua bukit batu karang di
depan pantai ini
berfungsi sebagai pemecah ombak yang berasal dari Pantai Selatan Pulau Jawa.
Ombak Pantai Selatan
memang terkenal ganas. Nama pulau
karang ini adalah Watu Kalong dan Watu Kuntul. |
Pernyatan
yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu
karang yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul.
B. Pantai Selatan sangat terkenal dengan keindahan dan keeksotisannya karena
terdapat dua bukit batu karang.
C. Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu karang yang berfungsi sebagai pemecah ombak Pantai Selatan.
D. Pulau karang Watu Kalong berfungsi sebagai
pemecah ombak yang berasal dari pantai selatan
Pulau Jawa.
2.
Bacalah teks berikut ini!
Selama berkunjung ke Pura Mangkunegaran,
Anda akan ditemani seorang tour guide.
Begitu memasuki area Puro Mangkunegaran, Anda akan melihat hamparan halaman
yang luas dan bangunan bergaya Eropa bertuliskan Kavalerie-Artillerie, yang
menjadi tempat pasukan berkuda Mangkunegaran. Begitu memasuki pintu gerbang
Anda langsung disuguhi arsitektur pendopo bergaya Jawa-Eropa. Pendopo ini
biasa digunakan untuk pertunjukkan tari dan wayang yang biasanya diiringi
dengan satu set gamelan bernama Kyai Kanyut Mesem. Setelah melewati pendopo,
pengunjung akan menuju Pringgitan, tempat keluarga kerajaan tinggal dan Rekso
Pustoko, tempat koleksi benda-benda kerajaan seperti koleksi topeng, kereta
dan berbagai koleksi lainnya. |
Tujuan yang
akan disampaikan dalm teks tersebut adalah ....
A. mengajak orang untuk datang ke
Pura Mangkunegaran
B. mempromosikan destinasi wisata
Pura Mangkunegaran
C. menggambarkan keadaan dari
area Pura Mangkunegaran
D. melaporkan hasil pengamatan
terhadap objek wisata Pura Mangkunegaran
Soal soal latihan Ujian Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban
3.
Bacalah paragraf-paragraf berikut ini!
No. |
Paragraf |
1. |
Ikat rambut, biasanya digunakan oleh
anak perempuan, baik untuk kuncir maupun untuk bando. Ikat rambut dibuat
bukan sekedar untuk mengikat, melainkan juga befungsi untuk hiasan. Oleh
karena itu, pembuatannya harus dilakukan secara kreatif. Untuk membuat ikat
rambut yang cantik caranya sangat mudah. |
2. |
Hutan bakau disebut juga hutan mangrove.
Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan
yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau, dan terletak di garis pantai.
Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang surut. Hutan bakau
termasuk wilayah ekosistem pantai karena terletak di perbatasan laut dan
darat. |
3. |
Rendahnya minat baca masyarakat kita
sangat memengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat
baca, tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
informasi di dunia, di mana pada ahirnya akan berdampak pada ketertinggalan
bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk dapat mengejar kemajuan yang telah
dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu kita kaji apa yang menjadikan mereka
lebih maju. |
4. |
Gunung
Tangkuban Perahu memiliki
ketinggian 2.084 di atas permukaan laut atau sekitar 6.873 kaki. Tangkuban Perahu menawarkan keindahan panorama pegunungan yang berhawa sejuk serta terdapat daya tarik
lain berupa 3 kawah yang mengandung kadar belerang tinggi, yaitu kawah upas,
kawah ratu, dan kawah domas. |
Paragraf yang
merupakan jenis teks deskripsi ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
4.
Bacalah teks berikut ini!
Salah satu bagian dari rumah
adat Minangkabau yang sukses membuat banyak orang terpesona adalah
bagian atap rumah yang unik. Konon, atap rumah adat Minangkabau yang
diberi sebutan gonjong ini memiliki bentuk yang menyerupai tanduk kerbau.
Tanduk kerbau sendiri dijadikan model di atap rumah adat Minangkabau untuk
melambangkan kemenangan suku Minang dalam perlombaan adu kerbau di Pulau
Jawa. Sebelumnya, atap rumah adat Minangkabau berbentuk runcing dibuat dari
ijuk. Namun, saat ini tidak jarang ditemukan rumah adat Minangkabau yang
bagian atapnya menggunakan material seng. |
Objek yang dideskripsikan teks tersebut adalah....
A. rumah adat Minangkabau
B. atap rumah Minangkabau
C. material atap rumah
Minangkabau
D. tanduk kerbau pada rumah
Minangkabau
5.
Bacalah teks berikut ini!
Teks 1 |
Teks 2 |
Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa
terdiri dari macam-macam bentuk dan ragam. Ada yang berbentuk bunga berwarna
merah muda dengan bagian tengah menyerupai bintik-bintik benang sari. Ada
pula berbagai karang dengan bentuk tumbuhan kaktus bergerigi, corak biru, dan
hijau. Keindahan koral-koral ini dilengkapi lagi dengan kehadiran ikan-ikan
kecil berwarna oranye yang berenang di atasnya. Ada juga koral berbentuk
jamur kuping berwarna cokelat yang sangat mirip dengan jamur sungguhan. |
Lembah Harau yang terletak di Kabupaten
Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter mencapai
400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau.
Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai
ketinggian 80-300 meter. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa
menikmati pemandangan mengagumkan ini. |
Perbedaan
kedua teks deskripsi tersebut adalah...
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A. |
mendeskripsikan laut |
mendeskipsikan tebing |
B. |
mendeskipsikan objek |
mendiskipsikan tempat
/letak |
C. |
objek penelitian ilmiah |
objek wisata |
D. |
mendiskipsikan tempat/letak |
mendeskipsikan objek |
6.
Bacalah teks berikut ini!
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa
Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah.
Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat,
Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis
pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura
Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi. |
Kata “indah” diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat
yaitu ....
A.
merindukan
B.
mengejutkan
C.
menakjubkan
D.
membahagiakan
7.
Bacalah teks berikut ini!
Udara Pantai Senggigi sangat segar. (2) Angin lembut terasa
mengelus kulit. (3) Garis Pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna
pasir putih dan hitam membuat pantai semakin indah. (4) Dari kejauhan tampak
hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. |
Kalimat
bermajas dalam teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8.
Bacalah teks berikut ini!
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat
memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah
kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga
gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih
bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. |
Kata ganti pada teks tersebut adalah ....
A. kita
B. tebing
C. ombak
D. Parangtritis
9.
Bacalah teks berikut ini!
(1)
Penonton
bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. (2)
Pertunjukan
dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. (3)
Di
bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan
musik mengentak keras. (4)
Pertunjukan
dimulai pada pukul 20.00. |
Urutan yang
tepat agar menjadi deskripsi yang padu adalah ....
A. (4) - (2) - (3) - (1)
B. (3) - (4) - (1) - (2)
C. (2) - (3) - (4) - (1)
D. (1) - (2) - (4) - (3)
10. Bacalah teks berikut ini!
Tumbuhan ini tersusun dari buah (kelapa),
batang, akar dan pelepah. Buah tumbuhan ini (kelapa) sendiri terdiri dari daging
buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, hingga kulit luar kelapa, selain
itu kelapa juga mengandung air di tengah buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah
kita temukan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. |
Paragraf tersebut merupakan teks deskripsi bagian struktur teks....
A. kesan
B. simpulan
C. identifikasi
D. deskripsi
bagian
11. Bacalah teks berikut ini!
Nono, si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi,
tempat tinggal Mbah Sastro. Ia selalu suka liburan di sana, karena ia bisa
bersepeda keliling Wlingi dan bermandi-mandi di Sungai Lekso yang
menyegarkan. Tak jarang juga Nono membantu Mbah Mas yang punya warung makan
di Stasiun Wlingi. |
Latar waktu
kutipan cerita tersebut adalah ....
A. liburan
B. tahun baru
C. kenaikan kelas
D. libur akhir semesater
12. Bacalah teks berikut ini!
Ta...ta...tapi...” Cika dan Tamika
memprotes kebersamaan karena mereka berdua
membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya. “Cika,
Tamika, ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah.” Anika mantap menjawab
sambil menarik dengan paksa kedua tangan sahabatnya yang masih ragu. |
Watak tokoh
Anika pada teks cerita di atas adalah ....
A. rendah hati
B. keras kepala
C. suka menolong
D. suka memprotes
13. Bacalah teks berikut ini!
“Kamu juga boleh memakannya, nanti kamu
akan tahu khasiatnya!” jawab Wiz. Akhirnya kedua kakak beradik itu memakan
buah belimbing dari pohon ajaib itu. “Haa? Aku bisa jadi cantik? Kulitku pun
jadi putih dan halus!” sorak sang kakak perempuan buruk rupa takjub dengan
perubahan yang baru saja terjadi. “Aku juga sudah sembuh, Kak! Perutku sudah
nggak mules lagi,” kata si anak lelaki. “Wah, terima kasih ya Pak Kurcaci, kami
sangat beruntung bertemu kamu hari ini. Terima kasih, terima kasih, terima
kasih,” keduanya menyampaikan rasa terima kasihnya berulang-ulang. |
Amanat cerita tersebut
adalah ....
A. Obatilah
orang lain yang sakit!
B. Berprasangkabaiklah
terhadap orang lain!
C. Buatlah
senang diri sendiri dan orang lain!
D. Tolong-menolonglah
dan ucapkan terima kasih!
14. Bacalah teks berikut ini!
Manusia purba itu menemukanku ketika aku
memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan
mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.
“Aku harus membawa dia kembali”,
teriakku. Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium dengan
kesal. Ardi berteriak lantang “Jangan main-main Don!” Ardi menatapku dengan
tajam. “Padahal...” Erza tercekat,” Aku tahu Er, kita tinggal punya waktu 8
jam.” |
Latar tempat
kutipan cerita di atas adalah....
A. dimensi alpha
B. laboratorium
C. rumah Erza
D. meja kerja
15. Bacalah teks berikut ini!
Pada suatu pagi, ketika ia mau berangkat
membantu ibunya bekerja, ia melihat ada seorang kakek tua yang kondisinya
mengenaskan. Kakek tua tersebut keadaannya sangat lelah letih, terdapat
luka di tubuhnya, dan tersungkur di jalan. Sang kakek minta tolong pada Alice.
Alice pun bergegas menolong kakek dan juga mengobati luka yang ada pada tubuh
sang kakek. Alice pun bertanya pada sang kakek mengenai keadaan hidupnya.
Setelah selesai, ia ingin mengantarkan sang kakek. Namun, sang kakek menolak. |
Kutipan cerita tersebut merupakan struktur teks cerita imajinasi bagian
....
A. koda
B.
resolusi
C.
orientasi
D. komplikasi
16. Bacalah teks berikut ini!
Suatu ketika sang pemuda sedang mencari
kayu bakar di hutan dan ia pun mendengar suara yang aneh dari di balik
semak-semak. Ia pun mencoba mendekati dan mengecek apa yang ada di balik
semak tersebut, lantas ia menemukan seekor singa yang meraung kesakitan. Sang pemuda cemas dan melihat keadaan singa tersebut, dan ternyata ada
serpihan kayu tajam yang bersarang di
punggung sang raja hutan. Sang pemuda merasa takut, tetapi ia juga prihatin akan keadaan
singa. Karena ia juga iba, akhirnya ia menenangkan singa dengan apa yang ia bisa. Dengan segenap keberanian ia mendekati dan menenangkan singa
dengan ucapannya bahwa ia akan menolong dan tidak memburu. Sang singa pun
mulai tenang dan mempersilakan sang pemuda untuk mendekati dan menolongnya.
Setelah itu sang pemuda mencabut serpihan tajam pada punggung singa. |
Kutipan cerita tersebut menggunakan alur
....
A. maju
B. mundur
C. regresif
D. campuran
17. Bacalah teks berikut ini!
(1) Hingga sampailah Candra Jelita di tepi sebuah danau dan di situ
kunang-kunang yang meneranginya mulai pergi satu per satu hingga
hanya menyisakan kegelapan. (2) Tiba-tiba muncullah cahaya dengan warna
keemasan yang turun dari langit. (3) Dari bayangan bulan pada cahaya tersebut
muncul sesosok wanita cantik dan anggun yang mengenakan jubah emas. (4)
Candra Jelita pun merasa cemas dan juga takut akan kehadiran wanita cantik
tersebut. (5) Sang wanita cantik berkata bahwa ia adalah sang dewi yang
sangat ingin ditemui oleh Candra Jelita. |
Kata
atau ungkapan keterkejutan pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat nomor
....
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (5)
18. Bacalah teks berikut ini!
(1) Ella pun mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat sejak
pagi. (2) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella
akan menuju ke istana untuk pesta. (3) Ella pun mau ikut karena pekerjaannya
sudah selesai. (4) Sang ibu tidak mau Ella ikut karena Ella lebih cantik
daripada kakak tirinya, lalu menyuruhnya memisahkan kedelai dengan kerikil
yang memang sengaja dicampurkannya. |
Bukti latar suasana tidak damai karena iri ditandai
kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19. Bacalah teks berikut ini!
(1) Ibu tiri
memberikan daftar pekerjaan yang harus Ella selesaikan sejak pagi. (2) Ibu dan
kakak tirinya mempersiapkan diri dan gaun untuk menghadiri pesta nanti malam.
(3) Ella ingin ikut, tetapi sang ibu malah menyuruhnya memisahkan
kedelai dengan kerikil yang memang sengaja dicampurkan oleh ibu tirinya.
Cinderella pun menuruti ibu tirinya dan memisahkan kedelai dengan kerikil
secara sabar. (4) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella pun
menuju ke istana untuk pesta. |
Bukti latar waktu petang hari pada kutipan cerita
tersebut ditandai kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
20. Bacalah teks berikut ini!
(1) Ella pun mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat sejak
pagi. (2) Hari menjelang malam, kedua kakak tiri serta ibu tiri Ella
akan menuju ke istana untuk pesta. (3) Ella pun mau ikut karena pekerjaannya
sudah selesai. (4) Sang ibu tidak mau Ella ikut karena Ella lebih cantik
daripada kakak tirinya, lalu menyuruhnya memisahkan kedelai dengan kerikil
yang memang sengaja dicampurkannya. |
Bukti latar tempat di rumah pada kutipan teks
tersebut ditandai kalimat nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
B.
Pilihlah jawaban B jika pernyataan dalam soal berikut benar dan S jika pernyataan berikut salah!
No. |
Teks |
B |
S |
21. |
Bacalah teks berikut ini! Istana Kadriah merupakan cikal bakal
lahirnya Kota Pontianak. Bangunan istana tersebut terbuat dari kayu belian
pilihan. Istana Kadriah mempunyai halaman yang luas dan bersih, dengan rumput
yang terawat dengan baik. Di objek wisata ini wisatawan dapat melihat tiga
belas meriam kuno buatan Perancis dan Portugis di sisi kanan, tengah, dan
kiri depan istana. Di halaman istana wisatawan juga bisa melihat anjungan yang dahulu
digunakan oleh Sultan Kadriah untuk menikmati panorama Sungai Kapuas dan Sungai
Landak. Di halaman istana Kadriah terdapat tiga
belas meriam kuno buatan Perancis dan Portugis. |
|
|
22. |
Bacalah teks berikut ini! SMP Negeri 103 Jakarta memiliki luas
satu hektare. Di tengah gedung sekolah tumbuh puluhan pohon yang tingginya
mencapai 10 meter. Beragam pohon tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103 Jakarta.
Pepohonan tersebut seperti cemara, palem, mangga, dan rambutan. Pemandangan
di sekolah ini seperti sekolah di dalam hutan. Sementara itu, di tiap sisi
bangunan ditanami berbagai tanaman obat keluarga. Objek yang dideskripsikan dalam teks
tersebut adalah beragam pohon yang tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103
Jakarta. |
|
|
23. |
Bacalah teks berikut ini! Tenun songket Palembang menggunakan
bahan baku benang sutra asli. Sebelumnya, benang sutra diberi lapisan benang
emas masih berwarna putih. Kain ini ditenun dengan cita rasa seni yang
tinggi. Hasil tenunannya pun sangat indah dan etnik. Kain songket Palembang
memiliki ciri khas pada motif, jika dibandingkan dengan kain tadisional lain.
Teks tersebut adalah teks deskipsi. |
|
|
24. |
Bacalah teks berikut ini! Tongkonan adalah rumah adat masyarakat
Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama.
Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan
Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Berdasarkan struktur teks deskripsi termasuk deskripsi bagian. |
|
|
25. |
Bacalah teks berikut ini! Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu
bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan
bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku
sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek.
Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih
legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan
usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja. Teks di atas menggunakan kalimat bermajas metafora. |
|
|
26. |
Bacalah teks berikut ini! Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu
berkumpul di rumah Anika. Minggu saat
matahari bersinar mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar
Anika serasa ada di langit. Latar waktu kutipan cerita tersebut
siang hari. |
|
|
27. |
Bacalah teks berikut ini! Di sepanjang aliran sungai ada sebuah
desa yang berada di tepi sungai, dan di sana ada sebuah keluarga yang
anggotanya dua putri dan juga seorang ibu yang sudah janda. Sedangkan sang
ayah memang sudah meninggal dunia sejak lama dan ibunya pun sudah
sakit-sakitan. Latar suasana
kutipan cerita tersebut adalah bahagia. |
|
|
28. |
Bacalah teks berikut ini! Suatu hari ketika
hari minggu dan sekolah libur, Arin diminta oleh sang ibunda untuk mencari
ikan di sungai dan dimasak sebagai lauk makan. Arin pun patuh dan berangkat
ke sungai untuk memancing dengan peralatan seadanya. Sesampai di sungai, ia
pun memasang pancingnya dan dengan sabar dinantikannya ikan-ikan memangsa
umpannya. Latar tempat pada kutipan cerita
tersebut adalah di rumah. |
|
|
29. |
Bacalah teks berikut ini! Arin selalu membantu
ibunya baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan berdagang setiap pulang
sekolah. Arin selalu merasa iba dengan ibunya yang harus menjadi tulang
punggung keluarga dan harus mengerjakan pekerjaan rumah juga. Berbeda 180
derajat sifat Lia yang sombong dan tidak mau membantu ibunya, jadi setiap
pulang sekolah ia hanya akan pergi bermain. Watak tokoh Arin yaitu rajin. |
|
|
30. |
Bacalah teks berikut ini! Arin selalu membantu
ibunya baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan berdagang setiap pulang
sekolah. Arin selalu merasa iba dengan ibunya yang harus menjadi tulang
punggung keluarga dan harus mengerjakan pekerjaan rumah juga.Berbeda 180
derajat sifat Lia yang sombong dan tidak mau membantu ibunya, jadi setiap
pulang sekolah ia hanya akan pergi bermain. Setelah itu ia pulang untuk makan
dan minta uang saja, bahkan baju kotornya yang mencuci malah Arin. Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah anak harus membantu orang
tuanya. |
|
|
C.
Jodohkan soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat!
No. |
Soal |
Jawaban |
31. |
Bacalah teks berikut ini! Candi
Cetho menjadi salah satu destinasi wisata di Karanganyar, Jawa
Tengah. Traveler seolah-olah akan berada di Pulau Dewata Bali. Setelah
kenyang berwisata kuliner di Solo, traveler bisa melipir ke Karanganyar.
Kabupaten di Jateng yang berbatasan dengan Jawa Timur itu menawarkan sejuta
keindahan alam, juga kultur dan makanan enaknya. Kesan yang ditimbulkan jika kita
berwisata ke candi Cetho adalah .... |
A. 4 |
B. 2 |
||
32. |
Bacalah teks berikut ini! Kemegahan yang terlihat dari rumah adat
Minangkabau salah satunya disebabkan oleh banyaknya ornamen di bagian dinding
bangunannya. Tak jarang ornamen yang berupa ukiran tersebut diwarnai dengan
warna-warna yang mencolok sehingga rumah adat Minangkabau tersebut terlihat
megah dan semarak. Objek yang dideskripsikan pada teks tersebut adalah .... |
C. seperti di Jawa Timur |
33. |
Bacalah teks berikut ini! (1) Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas
tidur di ujung kakiku. (2) Sebelum
kuelus-elus dia akan selalu menggangguku.(3) Kalau waktunya makan dia
berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang
panjang.(4) Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kalimat yang menggunakan kata khusus
ditandai nomor .... |
D. 3 |
34. |
Bacalah teks berikut ini! (1) Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton
disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. (2) Para penari
berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15
derajat. (3) Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut
sinar lampu yang dramatis. (4) Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi
penonton. Kalimat
bermajas personofikasi ditandai kalimat nomor .... |
E.
kemegahan
rumah adat Minangkabau |
35. |
Bacalah teks berikut ini! (1) Kemolekan pantai serasa sempurna di
sore hari. (2) Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang
merupakan saat sangat menakjubkan. (3) Lukisan alam yang sungguh memesona.
(4) Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang
tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang sangat indah. Kalimat yang mengandung kata emosi kuat ditandai nomor.... |
F.
seperti
di Bali |
36. |
Bacalah teks berikut ini! Pasukan siluman serigala mulai menginjak
Pulau Tana Modo, susul-menyusul bagai air. Tubuh mereka besar-besar dengan
sorot mata tajam. Raut wajah mereka penuh dengan angkara murka dan
kesombongan, disertai lolongan panjang saling bersahutan di bawah air hujan.
Mereka tidak menyadari bahaya yang sudah mengepung. Semua binatang tetap
tenang menunggu aba-aba dari Nataga. Latar tempat dalam cerita tersebut adalah
.... |
G. orientasi |
37. |
Bacalah teks berikut ini! Setetes air mata pun jatuh dari wajah
Sang Ratu melihat putri tunggalnya tertidur sekian tahun. Tak sepatah kata
pun terdengar dari bibirnya. Kamar yang megah ini terasa sunyi dan penuh
kesedihan. Latar
suasananya pada cerita imajinasi tersebut adalah ....
|
H. sedih |
38. |
Bacalah teks berikut ini! Dengan segenap keberanian ia mendekati
dan menengkan singa dengan ucapannya bahwa ia akan menolong dan tidak
memburu. Sang singa pun mulai tenang dan mempersilahkan sang pemuda
untuk mendekati dan menolongnya. Setelah itu sang pemuda mencabut serpihan
tajam pada punggung singa. Namun kemudian ia langsung lari
terbirit-birit karena takut diserang dan dimangsa oleh singa. Dilihat
dari strukturnya, teks tersebut
merupakan teks cerita imajinasi bagian .... |
I.
kemudian |
39. |
Bacalah teks berikut ini! Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di
kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti
pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan
berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.
Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru.
Dan Chika menyukai warna kuning. Dilihat dari strukturnya, teks tersebut merupakan teks cerita imajinasi bagian
.... |
J.
komplikasi |
40. |
Bacalah teks berikut ini! Ketika jam berdentang pada tengah malam
ia pun terkejut dan baru sadar bahwa ia harus segera pulang. [...] ia langsung berlari meninggalkan istana dan
meninggalkan pangeran begitu saja. Kata penghubung penanda urutan waktu untuk
melengkapi tersebut adalah .... |
K. Pulau Tana Modo |
1.
C
2.
C
3.
D
4.
B
5.
B
6.
C
7.
B
8.
A
9.
A
10.
D
11.
A
12.
C
13.
D
14.
B
15.
C
16.
A
17.
B
18.
D
19.
D
20.
A
21.
S
22.
B
23.
B
24.
S
25.
S
26.
B
27.
S
28.
S
29.
B
30.
B
31.
F. seperti di Bali
32.
E. kemegahan rumah adat Minangkabau
33.
D. 3
34.
A. 4
35.
B. 2
36.
K. Pulau Tana Modo
37.
H. sedih
38. J. komplikasi
39.
G. orientasi
40.
I. kemudian
0 Komentar untuk "Soal soal latihan Ujian Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawaban"